Total 3055 Polisi Diturunkan Amankan KPU dan DPR saat Pengumuman Hasil Pemilu 2024

Sebanyak 3055 personil polisi disiagakan untuk pengamanan adanya aksi demo masa yang dikabarkan akan dilakukan di KPU Dan DPR menjelang perhitungan hasil Rekapitulasi Pemilu 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta - Total sebanyak 3055 personil aparat kepolisian diterjunkan untuk pengamanan terhadap Komisi Pemilihan Umum atau KPU dan DPR RI, menjelang penghitungan suara hasil rekapitulasi nasional hasil Pemilu 2024, Rabu 20 Maret 2024.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro, menjelaskan pihaknya menerjunkan ribuan personil polisi untuk pengamanan terhadap dua lembaga negara tersebut. 

“Dalam rangka pengamanan aksi hari ini di KPU RI dan DPR RI, kami melibatkan 1.910 personel di KPU RI dan 1.145 personel di DPR/MPR,” ujar Kombes Susatyo dalam keterangannya, Rabu 20 Maret 2024.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Susatyo menjelaskan pelaksanaan rekayasa lalu lintas akses ke arah kedua tempat tersebut, dilakukan jika ada kondisi tertentu. Rekayasa atau pengalihan arus lalu lintas dilakukan bersifat situasional.

“Maka kami imbau untuk warga yang akan melintas di depan KPU RI dan juga DPR RI agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat di depan gedung KPU RI dan DPR/MPR RI," jelasnya. 

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Susatyo pun menghimbau kepada massa peserta aksi unjuk rasa, untuk memperhatikan hak-hak warga yang tengah beraktivitas di kawasan tersebut.

Susatyo juga menghimbau seluruh personel yang terlibat pengamanan, untuk selalu bertindak persuasif dan mengedepankan negosiasi, dan pelayanan yang bersifat humanis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya