Kabupaten Bekasi Bakal jadi Tuan Rumah MTQ Jabar, Pj Bupati Dani: Terus Kita Matangkan

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan
Sumber :
  • istimewa

Kabupaten Bekasi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, terus mematangkan kesiapan menjadi tuan rumah acara Musabaqoh Tilawatil Quran ke-38 tingkat provinsi Jawa Barat. Ajang MTQ ke-38 itu dijadwalkan akan digelar di Kabupaten Bekasi, mulai 27 April sampai dengan 4 Mei 2024.

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan belum lama ini memimpin langsung rapat pematangan konsep dan persiapan acara MTQ. Hadir juga Sekretaris Daerah Dedy Supriyadi, Asda 1 sekaligus Ketua Umum LPTQ Kabupaten Bekasi serta para kepala bagian Setda Kabupaten Bekasi di ruang rapat bupati, Kompleks Pemkab Cikarang Pusat.

"Kita terus perdalam ya. Tadi, saya sudah perintahkan mungkin dua minggu setelah ini kita matangkan kembali agar gagasan yang dilempar dan disempurnakan ini nanti dipaparkan kepada seluruh peserta," kata Dani Ramdan, dalam keterangannya dikutip pada Sabtu, 23 Maret 2024.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

Dia pun mengajak seluruh warga Kabupaten Bekasi bisa meramaikan dan mensyiarkan acara MTQ. Dani menaruh harapan agar pelajar, santri dan mahasiswa bisa menyaksikan gelaran tersebut untuk memunculkan minat mendalam terhadap Alquran.

"Harapannya masyarakat bisa ikut aktif hadir di acaranya selama sepekan. Kita juga akan tayangkan secara streaming di channel Youtube dan medsos. Sekaligus kami sangat berharap terutama para pelajar, mahasiswa, santri bisa hadir," ujar Dani. 

Warga Dikejutkan Penemuan Mayat Bayi Laki-laki di Kali Cikeas

Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asda 1) Setda Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti menambahkan ada 11 venue yang sudah ditetapkan sebagai tempat pelaksanaan MTQ. Dia merincikan venue itu yakni Aula KH Noer Ali, Aula RKH Mamun Nawawi, Aula BPBD, Aula Diskominfosantik, Aula Kodim, Balai Rakyat, Disbudparpora, Baznas, ULP.

Ilustrasi umat Islam yang tengah mengaji.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Kemudian, venue lain ada Komplek Pemda, Kecamatan Cikarang Pusat, Gedung Teater Dinas Pariwisata dan Lapangan Bulutangkis, Komplek Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur.

"Susunan acara sudah dilakukan pembahasan. Begitupun susunan acara, peserta hingga dewan hakim. Pada MTQ 2024, Ada kegiatan ta'aruf, bazaar. Juga perlombaan sendiri sudah ditetapkan 12 venue,” ujar Sri Enny.

Pun, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Bekasi, Bennie Yulianto Iskandar menyampaikan ada target agar Kafilah Kabupaten Bekasi bisa menyabet prestasi Juara Umum MTQ ke-38 tingkat Jabar.

Dia biang sampai saat ini, ada 54 Kafilah yang akan diturunkan di ajang MTQ diberikan pelatihan dan pembinaan secara intensif di bawah Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Bekasi.

“Persiapan yang matang, tentunya menjadi ukuran untuk bisa meraih target juara umum. Pembinaan sudah beberapa kali dan intensif, pada kafilah yang kita dimiliki,” ujar Bennie Yulianto, Rabu, 20 Maret 2024.

Dia menjelaskan pada 2023 sebanyak empat kali pembinaan dilaksanakan. Lalu, untuk selanjutnya, dimatangkan juga persiapan melalui pembinaan lanjutan, sebelum perhelatan MTQ.

Kata Bennie, sebagai tuan rumah, target juara umum seyogyanya jadi target penting dalam ajang MTQ. “54 kafilah akan mengisi semua cabang lomba. Baik putra- putri maupun antar golongan, anak-anak remaja dan dewasa, kita ikut semua,” tutur Bennie.

Untuk ajang MTQ ke-37 tingkat Provinsi Jabar tahun 2022 di Kabupaten Sumedang, pencapaian kafilah Kabupaten Bekasi berada di peringkat ke-4. Torehan Kafila Bekasi saat itu mampu menyabet 5 emas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya