Pemulung Jadi Ujung Tombak Pengumpulan Sampah, IPI: Banyak yang Belum Mengapresiasi Mereka

Buka puasa bersama para pemulung digelar IPI.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Para pemulung adalah ujung tombak pengumpulan sampah kemasan. Mereka punya peranan penting dalam pengelolaan sampah dengan prinsip ekonomi sirkular. 

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Hal itu dikemukakan Ketua Umum Ikatan Pemulung Indonesia (IPI), Pris Polly Lengkong, di sela -sela acara buka puasa bersama dengan ratusan orang pemulung, di Sekretariat IPI di kawasan Pulo Gadung, Jakarta, Kamis, 28 Maret 2024.

"Kita semua tahu para pemulung berada di garis depan dalam pengumpulan sampah kemasan. Tapi banyak pihak yang belum tahu dan tidak mengapresiasi keberadaan mereka,“ ujarnya.

Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

Ilustrasi truk sampah.

Photo :
  • ANTARA/Risky Andrianto

Menurut dia, kesejahteraan dan keselamatan kerja para pemulung perlu mendapat perhatian karena mereka punya peranan penting dalam pengumpulan sampah, utamanya sampah  kemasan untuk didaur ulang. Namun hal yang menyedihkan, sejauh  ini masih banyak pihak yang  memandang remeh keberadaan pemulung. 

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Dia menambahkan, IPI didirikan untuk  memperjuangkan hak para pemulung  untuk mendapatkan kesejahteraan serta meningkatkan kemampuan dan keselamatan kerja mereka.

”Kami antara lain mengusahakan para pemulung untuk mendapatkan e-KTP, sehingga mereka bisa mengakses beragam program bantuan dari Pemeritah,” kata Pris.

Dalam acara uka puasa bersama itu, IPI mendapat dukungan dari Danone Aqua. Mereka membagikan ratusan  paket bantuan  berisi sembako dan susu kemasan kepada para pemulung yang hadir. Mereka adalah para pemulung yang sehari -hari  bekerja  di kawasan TPST Bantargebang, Bekasi

Pris berharap paket bantuan itu dapat meringankan beban para pemulung di tengah-tengah melambungnya harga barang-barang kebutuhan pokok belakangan ini.

Sementara itu, Packaging Circularity Senior Manager Danone Aqua Indonesia, Jeffri  Ricardo, mengatakan, pihaknya berkomitmen  untuk mendukung program – program IPI. 

”Kami setuju, kesejateraan dan keselamatan kerja para pemulung harus mendapat perhatian serius. Mereka adalah pahlawan lingkungan. Para pemulung  punya andil besar dalam penarikan sampah kemasan sehingga tidak mencemari lingkungan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya