Profil Marsekal Madya Tonny Harjono, Eks Ajudan Jokowi yang Ditunjuk Jadi KSAU

VIVA Militer: Pangkoopsudnas Marsdya TNI M. Tonny Harjono buka Latihan Perkasa D
Sumber :
  • Pen. Koopsudnas

Jakarta – Mohammad Tonny Harjono, nama yang kini tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pria kelahiran Jakarta, 4 Oktober 1971 ini baru saja dilantik sebagai Kepala Staf TNI Angkatann Udara (KSAU) pada tanggal 2 April 2024.

Deretan Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia

Laki-laki ini telah menikah dengan Isa Apriliani dan dikaruniai 2 anak, sosoknya menarik perhatian publik karena kiprahnya yang cemerlang, termasuk pernah menjadi ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode pertama menjabat presiden.

Tonny Harjono merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1993. Sejak awal karirnya, dia menunjukan prestasi gemilang. Dia pernah menerbangkan berbagai pesawat tempur, seperti Hawk MK-53, F-16 Fighting Falcon, Sukhoi Su-27 dan Sukhoi Su-30.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Marsekal Madya (Marsdya) TNI Tonny Harjono jabat KSAU

Photo :
  • Antara

Berbagai jabatan strategis pun pernah diembannya. Di antaranya Komandan Lanud Timika, Kadisops Lanud Sultan Hasanuddin, Dan Wing 5 Lanud Sultan Hassanuddin, Komandan Lanud Adi Soemarmo, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma dan Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas).

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Karier Tonny semakin menanjak ketika ditunjuk menjadi ajudan Jokowi pada 2014-2016.

Setelah menyelesaikan tugasnya sebagai ajudan presiden, Tonny Harjono kembali ke TNI AU dan menduduki berbagai jabatan penting, seperti Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II) dan Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara (Dankodiklatau).

Pada tanggal 19 Desember 2023, Presiden Jokowi mengumumkan Tonny Harjono sebagai KSAU mengganti Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Penunjukan ini menunjukkan kepercayaan tinggi yang diberikan Jokowi kepada Tonny Harjono.

Komandan Lanud (Danlanud) Adi Soemarmo Solo, Kolonel Pnb M Tonny Harjono.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq.

Tonny Harjono dikenal sebagai sosok yang sederhana, disiplin dan memiliki loyalitas tinggi. Dia juga dikenal sebagai penerbang handal dan memiliki jam terbang tinggi. Prestasi dan pengalamannya yang mumpuni menjadikannya sosok yang tepak untuk memimpin TNI AU.

Sebagai KSAU, Tonny Harjono dihadapkan dengan berbagai tantangan seperti modernisasi alutsista TNI AU, peningkatan profesionalisme prajurit dan menjaga kedaulatan wilayah udara Indonesia. Namun, dengan pengalaman dan kemampuannya yang kuat, tak diragukan lagi bahwa Tonny Harjono mampu membawa TNI AU menjadi lebih maju dan profesional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya