Operasi Ketupat 2024 Dimulai Besok, 155.165 Personel Gabungan Diterjunkan

Kapolri Pimpin Apel Operasi Ketupat 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta -- Ribuan personel gabungan diterjunkan dalam pelaksanaan pengamanan Operasi Ketupat 2024 dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau Lebaran 2024.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin gelar apel pasukan untuk mengecek kesiapan akhir personel yang dilaksanakan di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, hari ini.

“TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat dengan sandi Ketupat 2024 yang melibatkan 155.165 personel selama 13 hari dari tanggal 4 sampai 16 April 2024,” kata Listyo, Rabu 3 April 2024.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Panglima TNI dan Kapolri, Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini mengatakan, selama Operasi Ketupat 2024, dipersiapkan 5.784 pos yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan dan 480 pos terpadu.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

“Dalam rangka pelayanan dan pengamanan, utamanya pada jalur-jalur rawan, seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian, tentunya pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal,” ujarnya.

Terkait penggunaan jalan tol dan arteri, dia meminta jajarannya agar memberi jaminan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas kepada masyarakat dengan memeriksa kesiapan infrastruktur serta moda transportasi yang bakal dipakai.

“Reduksi faktor-faktor potensi kerawanan dan sumbatan di jalan raya, terapkan rekayasa lalu lintas secara terukur dan terkoordinasi, dan apabila masyarakat merasa khawatir terdapat gangguan kejahatan dalam perjalanannya, maka Polri, kami minta untuk siap mengawal dan memberikan rasa aman. Sinergi dan koordinasi antara Satgas pusat, satgas daerah dan stakeholder terkait harus terus berjalan optimal, sehingga pengguna jalan benar-benar merasa aman dan nyaman,” kata dia.

Lebih lanjut eks Kapolda Banten ini menambahkan, seluruh upaya dan perkembangan yang terjadi di lapangan harus diimbangi pula dengan strategi komunikasi publik yang baik. Hal itu supaya masyarakat dipastikan bisa mengetahui informasi yang dibutuhkan.

“Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat berjalan optimal sehingga masyarakat dapat merasakan mudik aman, ceria dan penuh makna. Diharapkan momentum Hari Raya Idul Fitri ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat,” katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya