Irjen Imam Perkirakan 34 Juta Pemudik Datang ke Jawa Timur Selama Lebaran

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)

Jawa TimurMomen Lebaran Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 diprediksi terjadi kenaikan jumlah angka pemudik. Secara nasional, sebanyak 193,6 juta pemudik akan pulang ke kampung halaman.

BPS: Inflasi April 2024 Paling Rendah Dibanding Tiga Lebaran Tahun Sebelumnya

Kapolda Jawa Timur, Irjen Imam Sugianto mengatakan untuk di wilayah setidaknya ada 34 juta pemudik yang akan masuk ke Jawa Timur. Jumlah ini termasuk banyak seiring berakhirnya pandemi COVID-19.

"Kira-kira 34 juta, kemarin kan sudah dirilis oleh Bapak Menteri Perhubungan 193,6 juta kurang lebih. 71 persen koma sekian jumlah penduduk Indonesia, yang ke Jawa Timur itu ada 16 persen atau kurang lebih 34 juta pemudik," kata Imam di Mapolresta Malang Kota pada Rabu, 3 April 2024. 

Massa Buruh Padati Kota Surabaya, Lalu Lintas Mulai Padat

Imam mengatakan meski ada 34 juta pemudik yang tiba di wilayah Jawa Timur, diprediksi 31 juta pemudik akan keluar dari wilayah Jawa Timur atau melakukan pergerakan antar kota dan kabupaten di Jawa Timur.

"Perlu diketahui, yang masuk 34 juta yang mudik ke Jawa Timur. Lalu yang keluar Jawa Timur atau antara Kabupaten itu akan bergerak 31 juta pemudik. Jadi ,mudah-mudahan ada keseimbangan," ujar Imam. 

Jangan Cuek, Penting Cek Kondisi Ban Mobil Usai Dipakai Perjalanan Jauh

Untuk pengamanan, Polda Jawa Timur menyiapkan 16 ribu personel gabungan yang akan bertugas mengamankan momen Lebaran Idul Fitri. Personel gabungan terdiri dari kepolisian, TNI dan aparatur pemerintah. 

"Kita ada 16 ribu sekian bersama TNI dan aparatur Pemerintah yang berjaga selama Idul Fitri," ungkapnya.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto

Photo :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)

Sementara Kapolresta Malang Kota Kombes Budi Hermanto mengatakan Polresta Malang Kota akan mendirikan pos pengamanan atau Pospam sejak Kamis, 4 April 2024. Pospam dan Operasi Ketupat Semeru ini akan berlangsung hingga 16 April 2024 mendatang.

"Kami ada 3 Pospam dan 1 Posyan di depan Stasiun Malang Kota. Kami juga sudah lakukan rakor dengan Polres Malang Raya, sehingga pada saat arus padat menuju Batu, Polresta Kota juga harus memberikan bantuan backup," kata perwira yang akrab disapa Buher ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya