Kronologi Baku Tembak TNI vs KKB di Mimika yang Tewaskan Pentolan KKB Abubakar Kogoya

VIVA Militer: OPM yang tewas ditembak di Mile 69
Sumber :
  • Kogabwilhan III

Papua – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terlibat kontak senjata dengan aparat keamanan gabungan TNI-Polri di Distrik Tembagapura Mimika Papua, Kamis 4 April 2024. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Saat terjadi kontak tembak, aparat gabungan TNI-Polri berhasil merampas satu pucuk senjata api dari Kelompok Kriminal Bersenja dan menembak mati dua orang tokoh KKB. 

Evakuasi anggota KKB yang tewas saat kontak tembak di Kali Brasa, Dekai, Kabupaten Yahukimo Papua Pegunungan.

Photo :
  • ANTARA
Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Hal itu disampaikan Panglima Komando Gabungan Wilayah (Kogabwilhan) III Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon.

“Benar terjadinya kontak tembak antara aparat keamanan gabungan TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di wilayah Distrik Tembagapura Mimika Papua,” kata Letjen TNI Richard Tampubolon.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Ia menjelaskan, kontak tembak tersebut dipicu oleh bunyi letusan senjata di Area Mile 69 Kali Kuluk Tembagapura yang mengakibatkan para pendulang emas non karyawan atau masyarakat setempat (OAP/Orang Asli Papua) lari ketakutan dan berlari ke arah Utikini. 

Merespon situasi tersebut, aparat keamanan gabungan TNI-Polri yang terdiri dari Satgas Nanggala Damai Cartenz TNI-Polri bersama KOOPS HABEMA, dengan sigap bergegas merapat ke TKP dan sontak terjadi kontak tembak.

“Pasca kontak tembak, ditemukan adanya 2 orang korban jiwa di pihak KKB Papua, yang diyakini salah satu diantaranya adalah Abubakar Kogoya, serta sebuah pucuk pistol. Sedangkan di pihak Aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri nihil kerugian jiwa maupun senjata,” tegas Letjen TNI Richard Tampubolon.

Pangkogabwilhan III Letnan Jenderal TNI Richard Tampubolon

Photo :
  • Puspen TNI

Dikatakan dia, keberhasilan aparat keamanan gabungan TNI-Polri mereduksi kekuatan KKB kali ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan demi lancarnya proses percepatan pembangunan di Papua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya