Jokowi Salat Id di Jakarta, Gibran Pilih di Balai Kota Solo

Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo – Calon wakil presiden (cawapres), Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menunaikan salat Idul Fitri di Jakarta pada Rabu, 10 April 2024, mendatang. Berbeda dengan bapaknya, putra sulung Presiden Jokowi itu akan melaksanakan salat Id di Balai Kota Solo pada Hari Raya Idul Fitri nanti.

Bos Microsoft Satya Nadella Pernah Batal Ketemu Jokowi

“Tahun ini (Presiden Jokowi) di Jakarta,” ujar Gibran saat ditemui wartawan di sela-sela meninjau harga kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri di pasar Legi, Solo, Kamis, 4 April 2024.

Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)
Gibran Bareng Sandiaga Nobar Laga Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Balai Kota Solo

Hanya saja mengenai lokasi salat Id Presiden Jokowi, ia tidak menyebutkannya. Sedangkan pada Lebaran tahun lalu, Presiden Jokowi melaksanakan salat Id di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo bersama dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Sedangkan Gibran pada saat itu memilih salat Id di halaman Balai Kota Solo.

“Kalau saya kan (salat Id) di balai kota terus,” kata Gibran yang juga Wali Kota Solo itu.

Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

Gibran mengatakan setelah melaksanakan salat Id pada Idul Fitri nanti, rencananya ia bersama dengan istrinya Selvi Ananda akan menggelar open house di rumah dinas wali kota, Loji Gandrung. Apakah kegiatan open house tersebut merupakan yang terakhir kalinya, ia pun meminta untuk tidak menyebut yang terakhir kalinya meskipun Lebaran tahun depan sudah menjadi Wakil Presiden RI.

“Open house tetap dong. Ojo opo-opo terakhir-terakhir,  koyo aku meh nendi ae (Jangan apa-apa terakhir, seperti saya mau ke mana aja). Ojo tho (jangan ya), pertemuan terakhir, open house terakhir,” ucapnya.

Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Open house Idul Fitri yang diselenggarakan di eks rumah dinas Presiden Jokowi saat menjabat Wali Kota Solo itu juga terbuka untuk masyarakat umum. Untuk memanjakan para tamu, Gibran mengaku akan menambah jumlah menu makanan yang dihidangkan pada acara open house tersebut. 

“Semua (masyarakat umum) boleh, tidak ada batasan. Ya seperti biasa (setelah salat Id langsung open house) monggo (silakan). Jumlah menunya sudah saya tambahi jadi yang mau datang silahkan. Enak tho,” kata Gibran.

Sementara itu terkait rencana sungkem kepada kedua orantuanya Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi, Gibran enggan menjawabnya. Ia memilih untuk merahasiakan terkait rencana kegiatan sungkem dengan orangtuanya entah di Solo atau di Jakarta. “Rahasia, rahasia, rahasia. Saya tugas di Solo dulu. Nanti ya (soal sungkem), durung lebaran wis takon sungkem,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya