Mudik Lebaran 2024, Polda Banten Tidak Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Banten - Polda Banten melakukan pengecekan kesiapan jalur mudik Lebaran 2024, mulai dari wilayah Kabupaten Tangerang hingga Merak, Banten.

Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim mengatakan, pada mudik lebaran 2024 ini, pihaknya tidak melakukan rekayasa lalu lintas pada jalur yang nantinya akan dilintasi pemudik, baik itu di Jalan Raya Serang, Tangerang-Serang hingga jalur tol Tangerang-Merak.

"Tidak ada rekayasa lalu lintas, baik di jalur lintasan arteri Jalan Raya Serang, atau jalur tol Tangerang-Merak," katanya, Jumat, 5 April 2024.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Tol Tangerang-Merak (Foto Ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/Sherly-Istimewa

Hal ini karena secara optimal pihak Polda Banten, bersama dengan sejumlah Polres, Polsek dan instansi pemerintah, telah membangun posko-posko sebagai langkah atau upaya mengurai kemacetan.

"Jadi, kita itu bangun rest area baik di tol ataupun jalur arteri ini. Yang mana, diperuntukkan bagi pemudik supaya bisa istirahat bila diketahui ada kepadatan di titik tertentu," ujarnya.

Seperti di Jalan Raya Serang, Cikupa, Kabupaten Tangerang. Polres Kota Tangerang, Polda Banten mendirikan posko terpadu yang mana, sebagai lokasi transit atau buffering para pemudik, khususnya yang menggunakan motor.

"Posko terpadu juga sebagai tempat buffering atau tempat transit kendaraan roda dua jika di daerah Ciwandan dan Merak mengalami penumpukan kendaraan, sehingga bisa dilakukan buffering sementara di wilayah Tangerang," ujarnya.

Diketahui, Polda Banten menerjunkan 3.708 personel dengan rincian 2.477 personel Polda Banten, 243 TNI, dan 988 instansi pemerintah. Kemudian, 36 posko pengamanan, 8 pos pelayanan dan 7 pos terpadu.

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya
Pelaku pencurian rumah kosong saat mudik lebaran

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Pelaku merupakan orang kepercayaan korban. Kejadian diketahui saat korban kembali setelah mudik lebaran.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024