Mengenal 2 Sosok Pangdam Baru TNI Pasca Mutasi Akhir Maret

Ilustrasi TNI
Sumber :
  • vstory

Jakarta – Dua Pangdam baru telah diangkat setelah adanya mutasi di TNI pada akhir Maret 2024. Salah satunya adalah lulusan dari Akademi Militer tahun 1991.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Jenderal Agus Subiyanto, Panglima TNI, telah melakukan rotasi dan mutasi terhadap sejumlah jabatan penting di dalam Tentara Nasional Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/329/III/2024 tertanggal 22 Maret 2024, sekitar 52 perwira tinggi TNI dari ketiga cabang angkatan dimasukkan dalam daftar mutasi. Dari daftar tersebut, 40 perwira tinggi berasal dari TNI Angkatan Darat.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

2 Sosok Pangdam Baru TNI

Photo :
  • Istimewa

Di dalam daftar tersebut, beberapa nama telah dipindahkan ke jabatan Panglima Kodam. Siapa saja yang termasuk di dalamnya?

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Sosok Pangdam Baru

Mayjen TNI Haryanto

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Haryanto merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Pada ketentuan mutasi TNI terbaru, dia ditunjuk menjadi Panglima Kodam XVIII/Kasuari. Pada tugas barunya sebagai Pangdam XVIII/Kasuari, Haryanto menggantikan Mayjen Ilyas Alamsyah Harahap.

Sebelum itu, ia lebih dulu menjabat Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2/Kostrad. Mayjen Haryanto diketahui sebagai jebolan Akmil 1991 dari kecabangan Infanteri. Sepanjang riwayatnya di militer, sudah banyak posisi strategis lain yang pernah didudukinya.

Pada 2018 lalu, Haryanto pecah bintang satu ketika menjabat sebagai Kasdivif 2/Kostrad. Beberapa waktu berselang, dia beralih menjadi Dirlat Kodiklatad (2020-2022) hingga Waaslat KSAD Bidang Latihan (2022).

Sempat menjadi Pa Sahli Tk. III KSAD Bidang Jahpers (2022-2023), karier militer Haryanto semakin moncer ketika ditunjuk menjadi Pangdivif 2/Kostrad. Waktu itu, ia menggantikan Mayjen TNI Syafrial.

Kurang dari setahun menjadi Pangdivif 2/Kostrad, Mayjen Haryanto mendapat tugas baru pada penghujung Maret 2024 sebagai Pangdam XVIII/Kasuari.

Mayjen TNI Moh. Naudi Nurdika

2 Sosok Pangdam Baru TNI

Photo :
  • Istimewa

Pangdam II/Sriwijaya Berikutnya ada nama Mayjen TNI Mohammad Naudi Nurdika. Dia baru saja ditunjuk menjadi Panglima Kodam II/Sriwijaya. Melihat riwayatnya, Naudi Nurdika merupakan lulusan Akmil 1991.

Sebelum penunjukannya menjadi Pangdam II/Sriwijaya, ia lebih dulu menjabat sebagai Danpussenarmed sejak Oktober 2023. Lebih jauh, berbagai posisi penting lain juga pernah ditempati Naudi Nurdika. Misalnya, Danrem 102/Panju Panjung (2016-2018) dan Wadanpussenarmed Kodiklatad (2018-2019).

Naudi Nurdika pecah bintang satu ketika menjadi Danpusdik Armed Pussenarmed Kodiklatad (2020-2021). Setelah itu, ia juga sempat menjabat sebagai Danrem 044/Garuda Dempo (2021-2023) dan Danpussenarmed (2023-2024).

Kurang dari setahun menjadi Danpussenarmed, Naudi Nurdika ditunjuk sebagai Pangdam II/Sriwijaya. Pada tugas barunya ini, ia menggantikan Mayjen Yanuar Adil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya