Indonesia Penting Bagi Kepentingan AS

Presiden Terpilih AS Barack Obama
Presiden Terpilih AS Barack Obama
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Setelah beberapa kali batal, akhirnya hari ini Presiden Amerika Serikat, Barack Obama datang ke Indonesia. Obama akan terbang dari India, negara demokrasi terbesar di dunia, ke Indonesia yang merupakan negara demokrasi dengan umat muslim terbesar di dunia.

Lawatan ini tak sekedar pulang kampung bagi presiden yang pernah menghabiskan masa kecilnya di Indonesia ini. Seperti dinyatakan harian Straits Times, Selasa, 9 November 2010, kunjungan Presiden Obama akan menjadi simbol diplomatik penting, sekaligus ditujukan untuk mencari pasar ekspor untuk memulihkan perekonomian AS. Selain itu, ia juga bermaksud merangkul dunia muslim. Isu ekonomi dan keamanan akan jadi agenda prioritas Obama di Indonesia.

Presiden Obama akan mengadakan pembicaraan dan menghadiri jamuan makan malam resmi bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Rabu besok, Obama akan mengunjungi Masjid Istiqlal. Para pejabat AS mengatakan bahwa, sama seperti dengan perjalanan Obama ke India, kunjungannya ke Indonesia dirancang untuk memperkuat hubungan dalam hal demokrasi dan ekonomi.

Indonesia adalah destinasi penting bagi Obama, baik secara strategis maupun personal. "Kami melihat Indonesia sebagai titik pertemuan bagi banyak kepentingan Amerika. Kami melihat kerja sama ini sangat penting bagi kepentingan AS di masa depan di Asia maupun dunia," kata Ben Rhodes, Deputi Penasehat Presiden AS untuk Keamanan Nasional, seperti dimuat The Edge, Selasa pagi.

Jakarta adalah negara kedua dalam perjalanan 10 hari Obama ke empat negara Asia. Obama telah berkunjung ke India selama tiga hari. Lalu ia akan mengunjungi Korea Selata untukĀ  menghadiri KTT G20 dan ke Yokohama, Jepang, dalam rangka menghadiri KTT APEC. (kd)