FPI Tuding Ahmadiyah Anti Dialog

Juru Bicara FPI, Munarman
Sumber :
  • Facebook Munarman

VIVAnews - Front Pembela Islam (FPI) menuding Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) anti dialog. Hal ini terlihat dari ketidakhadiran JAI dalam forum dialog yang diadakan dengan Kementerian Agama.

"Bagi FPI, kami tidak anti dialog justru terlihat pagi ini yang mestinya Ahmadiyah yang diberi kesempatan untuk menjelaskan mengenai apa keluhan mereka dan sikap mereka malah tidak hadir. Mereka yang antidialog," ujar juru bicara Munarman yang hadir dalam dialog di Kementerian Agama, Selasa, 22 Maret 2011.

Kalau kemudian ketidakhadiran JAI lantaran menganggap Kemenag tidak netral, Munarman mengatakan sebenarnya justru dalam hal ini pemerintah sudah mengalah jauh sekali karena untuk menyelesaikan kasus Ahmadiyah ini pemerintah sudah melakukan dialog berkali-kali sejak 2008.

"Karena sejak dikeluarkan SKB Ahmadiyah berkali-kali melakukan pelanggaran terhadap SKB itu sendiri," Kata Munarman.

Menurutnya, sikap FPI sampai saat ini jelas untuk membubarkan Ahmadiyah, namun bolanya ada di tangan Presiden untuk mengeluarkan sikap tegas melalui Surat Keputusan Presiden. "Tidak perlu memperdebatkan keyakinan, yang penting sikap tegas pemerintah sebagaimana pemerintah membubarkan PKI," tegasnya.

Sebelumnya, JAI meminta Kementerian Agama menunda dialog yang berkenaan dengan permasalahan Ahmadiyah. Penundaan itu diminta karena dialog yang digelar dinilai mendadak dan tidak netral. "Surat undangan baru kami terima Jumat sore 18 Maret 2011, kantor sudah tutup. Sedangkan dialognya hari ini di Kantor Kementerian Agama," kata Juru Bicara Jemaat Ahmadiyah Indonesia, Zafrulah Ahmad Pontoh, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Selasa 22 Maret 2011.

Zafrullah menilai, rencana dialog yang akan digelar hari ini terkesan sangat mendadak. Padahal, dialog itu untuk mencari solusi permanen berkenaan dengan Ahmadiyah.

Sementara, meski menyayangkan, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Bahrul Hayat, memaklumi ketidak hadiran JAI. "Mungkin belum siap saja nggak apa-apa. Silakan saja kalau mau jadwal ulang," kata dia. (adi)

Ini Peran dan Kontribusi Bea Cukai Terhadap Penerimaan Negara dan Pengawasan Perdagangan
Gelombang Cuaca Luar Biasa Panas Melanda Asia Selatan dan Tenggara

61 Killed Over Heatwave in Thailand so far This Year

Heatwave has killed 61 people in Thailand so far in 2024, more than in all of 2023, the health ministry said on Friday (May 10) after weeks of scorching weather across th

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024