Mendiknas: Sekolah Banjir, UN Bisa Diundur

Try Out Ujian Nasional
Sumber :

VIVAnews - Meski Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas (SMA) dilakukan serempak, namun ada sekolah yang kemungkinan tidak bisa melaksanakan hari ini. Hal ini berdasarkan pemantauan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh.

"Tadi malam saya sudah memantau ke Belu, NTT. Itu ada daerah yang banjir. Kami usahakan bisa ujian hari ini," kata Mendiknas saat meninjau UN di SMU 70 Bulungan, Jakarta, Senin 18 April 2011.

Tapi, kata dia, kalau tidak memungkinkan juga untuk UN, sekolah di daerah banjir ini bisa diundur. "Kami berikan kesempatan ujian susulan," imbuhnya. Menurutnya, hak siswa untuk mengikuti ujian jangan sampai terenggut karena bencana tersebut.

Hak yang sama, menurut dia, juga tidak boleh direnggut dari siswa yang kini menjalani proses hukum di tahanan. Untuk masalah UN siswa di dalam penjara, M Nuh memberikan dua pendekatan. Pertama, kata dia, ada petugas yang khusus mengantarkan soal ujian ke penjara yang bersangkutan. "Kalau anaknya disuruh ikut ujian di sini (sekolah), repot mengawasinya."

Kedua, kata dia, siswa tersebut bisa mengikuti UN susulan. "Jangan sampai hak belajar mereka hilang sama sekali," tegasnya.

Mengenai antisipasi kecurangan, M Nuh meminta tidak hanya fokus di daerah saja. "Kita tidak boleh punya persepsi di kota itu jujur, atau di daerah itu curang. Semua punya standar yang sama," jelasnya.

Dia berharap seluruh siswa yang ikut UN, bisa lulus. Kalaupun tidak, M Nuh menegaskan masih ada jalan keluar lainnya. "Bisa kita berikan kesempatan untuk ikut Paket C, atau mengulang tahun depan. Kita tidak boleh mengorbankan nilai yang jelek dan tidak diluluskan. Kita harus dorong," katanya.  (eh)

Diisukan Tewas Diterkam Harimau, Ternyata Wanita Lansia di Madina Dibunuh Kekasihnya
Manajer Arsenal, Mikel Arteta

Jelang Lawan Man Utd, Mikel Arteta Soroti Tugas Sulit Erik Ten Hag

Big match bakal tersaji dalam lanjutan Premier League malam hari ini, Minggu 12 Mei 2024. Manchester United (Man Utd) akan menjamu Arsenal di Old Trafford pukul 22.30 WIB

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024