Ketua Hakim Kasus Antasari Dapat Promosi

Ketua Mahkamah Agung Harifin Tumpa
Sumber :
  • Widodo S. Jusuf/Antara

VIVAnews - Ketua Mahkamah Agung, Harifin Andi Tumpa mengaku sudah menandatangani Surat Keputusan promosi untuk hakim kasus Antasaari Azhar, Herry Swantoro. Hakim yang bertugas di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan itu dipromosikan menjadi hakim di Pengadilan Tinggi Bali.

"Jadi, tinggal menunggu SK-nya turun saja, tak mungkin dalam waktu dekat, biasanya satu bulan setelah ditandatangani," kata Harifin di Gedung MA, Jakarta, Jumat, 15 Juli 2011.

Herry Swantoro adalah ketua majelis hakim kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnain dengan terdakwa Antasari Azhar pada waktu itu. Herry dan dua hakim lainnya menjatuhkan hukuman 18 tahun penjara untuk mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini. Sampai tingkat kasasi di MA, hukuman Antasari tak pernah berubah.

Penanganan kasus Antasari oleh Herry Swantoro dan kedua hakim lainnya disoal oleh Komisi Yudisial. KY menduga ketiga hakim melakukan pelanggaran kode etik.

Menanggapi promosi Herry Swantoro ini, Ketua KY, Eman Suparman mengatakan semua proses ini merupakan hak dari MA. Namun berdasarkan UU KY Tahun 2004, KY mempunyai kewenangan untuk ikut di dalamnya.

"Ya kita lihat saja, silahkan saja. Kalau MA mempromosikan ternyata nanti putusan kami bagaimana terhadap hakim yang bersangkutan, ya kita lihat juga, kami punya mekanisme juga kok," kata dia.

"Tidak apa-apa, silahkan, itu kewenangan yang dimiliki MA, kami tidak akan mencampuri kewenangan itu."

KY juga dijadwalkan menggelar pleno membahas nasib ketiga hakim kasus Antasari. Jika dari hasil pleno, KY mempunyai opini lain terkait ketiga hakim tersebut, tentu akan diajukan protes dan pendapat bagaimana tentang sikap MA tersebut.

"Tentu saja hasil pemeriksaan kami akan berimplikasi pada promosi tersebut dan akan kami sampaikan ke MA," ujarnya.

"Jika ketiga hakim tersebut terbukti melakukan pelanggaran berat dengan sanksi pemberhentian sementara atau tetap, tentu KY akan mengajukan." pungkasnya. (eh)

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024