Pansel: Tinjau Ulang Seleksi Pimpinan KPK

Seleksi Calon Pimpinan KPK
Sumber :
  • Antara/Fanny Octavianus

VIVAnews – Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menyaring nama-nama mereka yang mendaftar menjadi sepuluh orang. Dari sepuluh nama itu akan diseleksi kembali menjadi delapan nama. Dalam waktu dekat kedelapan nama yang lolos verifikasi akan diserahkan kepada Presiden untuk selanjutnya diserahkan kepada DPR RI.

Kendati begitu, anggota Pansel KPK, Rhenald Kasali, mengusulkan agar seleksi calon pimpinan lembaga superbodi itu di masa depan harus ditinjau ulang. Pasalnya dalam seleksi saat ini ada kecenderungan mereka yang tidak memiliki kompetensi untuk menjadi pimpinan lembaga antikorupsi itu ramai-ramai ikut mendaftar.

“Karena itu, kesempatan ini akan dijadikan sebagai evaluasi atau meninjau kembali untuk pelaksanaan seleksi calon pimpinan KPK ke depan,” kata Rhenald di Denpasar, Bali, Minggu 7 Agustus 2011.

Fakta sebaliknya ditunjukkan pada mereka yang dianggap memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk memimpin KPK. “Mereka cenderung enggan mendaftar, sehingga pansel harus melamarnya atau jemput bola. Kita yang mengambil inisiatif agar mereka mendaftar,” jelas Guru Besar Universitas Indonesia ini.

Ia mengakui menemui kesulitan untuk menyeleksi dari sekian banyak nama menjadi delapan orang. Maka itu, sorotan terhadap calon-calon dari instutisi tertentu yang kemudian lolos, diakui Rhenald, lantaran kesulitan yang ditemui pansel.

Dikatakan, para tokoh publik atau mereka yang berasal dari instansi atau lembaga tertentu, memang sangat mudah untuk dideteksi kekurangan atau rekam jejaknya. "Sebab mereka dibentuk oleh struktur lingkungannya masing-masing oleh  tata nilai kelembagaannya. Jadi, masyarakat cenderung menolak mereka yang berangkat dari institusi bermasalah," lanjut Rhenald. (ren)

Laporan: Bobby Andalan| Bali

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024