Menebak Penyebab Pesawat Cassa Jatuh

pesawat cassa 212
Sumber :
  • wikimedia.org

VIVAnews - Penyebab jatuhnya pesawat Cassa dalam rute penerbangan Medan-Kutacane masih menjadi tanda tanya. Pesawat dianggap masih layak terbang. Data cuaca saat penerbangan berlangsung juga dalam kondisi baik.

Kepala Bidang Informasi Meteorologi Penerbangan, Rekso Hartono, mengatakan, kesimpulan cuaca bagus itu berdasar analisis dari data cuaca di tiga kota terdekat yakni, Medan, Badan Aceh, dan Meulaboh.

Menurutnya, kondisi cuaca take off dan landing saat itu baik. Kondisi awan 3/8, artinya cukup baik untuk penerbangan dengan perbandingan awan tebal yakni 8/8. Jarak pandang juga cukup baik sekitar 8 kilometer.

Sementara kondisi cuaca di tengah penerbangan (weather in road) juga dianggap cukup baik. "Dari pantauan satelit memang agak berawan, tapi masih dalam kondisi baik, pengaruh angin juga tidak kencang," ujar Rekso.

Sementara dari fisik pesawat, meski sudah berusia 22 tahun, pesawat itu masih masuk kategori layak terbang. Pesawat nahas itu memiliki tahun pembuatan 31 Maret 1989. dengan masa berlaku sertifikat kelaikan udara (C of A) sampai 31 Oktober 2011. Sedangkan masa berlaku serfitikat pesawat (C of R) sampai 24 Februari 2012.

Sudah 12 jam lebih tim SAR melakukan pencarian pesawat Cassa tipe 212-200 di kawasan Pegunungan Bahorok. Meski sudah terpantau lokasinya lewat udara, tim SAR belum berhasil mencapai titik jatuhnya pesawat. Dari pantauan udara, pesawat terlihat utuh, namun belum diketahui nasib 4 kru dan 14 penumpang di dalamnya. (adi)

Kisah Dokter Hasto Galakkan Program KB ke Pelosok: Dibayar Pakai Nanas Hingga Singkong
Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) usai menjalani sidang dakwaan

Daftar Pengeluaran SYL Pakai Uang Hasil Palak Anak Buahnya di Kementan

Daftar pengeluaran eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) diungkap eks anak buahnya dalam persidangan.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024