Izin Praktik Dokter Boyke Terancam Dibekukan

Dr. Boyke Dian Nugraha
Sumber :

VIVAnews - Dokter spesialis kandungan dan konsultan seks, Boyke Dian Nugraha, tersandung kasus di Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia. Majelis merekomendasikan Ikatan Dokter Indonesia agar membekukan izin praktik dokter yang juga pakar seksologi ini.

"Isinya keputusan Majelis berupa rekomendasi kepada IDI, yakni untuk membekukan Surat Tanda Registrasi selama enam bulan," kata Dokter Boyke dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Kamis 17 November 2011.

Bila akhirnya IDI mengamini rekomendasi Majelis, maka izin praktik dokter Boyke akan dibekukan selama enam bulan. Apa yang membuat dokter populer ini tersandung kasus di Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia?

Awalnya tahun 2008, ada pasien dari Jambi yang berobat di klinik milik dokter Boyke, Klinik Pasutri. Pasien itu dalam keadaan sakit dan akan melakukan pengangkatan kista.

Pasien itu bersikeras agar dokter Boyke yang melakukan operasi. Akhirnya, Boyke merujuk pasien ke RS Dharmais tetapi pasien tidak mau. Rujukan berikutnya ke rumah sakit di Gandaria. Akhirnya pasien setuju dengan catatan, dokter Boyke harus menemani selama operasi.

"Karena alasan psikologis, akhirnya saya temani selama di ruang operasi," kata dokter lulusan dokter umum Universitas Indonesia tahun 1981 ini.

Menemani di ruang operasi ini yang berbuntut panjang. Izin praktik dokter Boyke pada saat yang bersamaan masih dalam proses perpanjangan. Dan tidak dibenarkan untuk turut dalam operasi bila belum keluar izin praktiknya yang terbaru.

Beberapa lama setelah operasi, pasien mengalami komplikasi. Pasien pun harus mengalami dua kali tindakan operasi lagi. "Saya tidak menyangka, dalam proses itu ada komplikasi-komplikasi. Tapi saat ini, kondisinya sudah pulih, sehat, dan sembuh," kata Boyke. (eh)

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024