Butuh Rp300 M untuk Jembatan Baru di Kukar

Jembatan Kutai Kartanegara runtuh
Sumber :
  • ANTARA/Amirullah

VIVAnews - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, akan membangun jembatan baru setelah ambruknya jembatan yang membentang di Sungai Mahakam pada 26 November lalu. Jembatan baru akan dibangun dengan biaya sekitar Rp300 miliar.

"Iya, kami sudah menganggarkan satu jembatan lagi. Anggarannya sekitar Rp300 miliar," kata Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari, sebelum rapat dengan Komisi V di gedung DPR, Jakarta, Kamis 1 Desember 2011.

Menurut Rita, pembangunan jembatan baru nantinya tidak akan berdiri di lokasi jembatan ambruk. Pemerintah Kabupaten sudah menentukan lokasi baru untuk mengganti jembatan ambruk yang menewaskan 20 orang itu.

"Rencana untuk 2012. Lokasi beda, sekitar 12 kilometer dari situ (lokasi jembatan ambruk)," kata Rita, yang merupakan putri mantan Bupati Kutai Kartanegara, Syaukani Hasan Rais.

Meski baru sekadar rencana, menurut Rita keputusan itu belum final. Tetapi, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sudah menyiapkan dana untuk pembangunan jembatan baru itu tahun depan. "Dari kami Rp100 miliar sudah dianggarkan. Anggarannya sekitar Rp300 miliar," ujar Rita.

Jembatan Kutai Kertanegara di kota Tenggarong, Kalimantan Timur, yang melintasi sungai Mahakam, ambruk sekitar pukul 16.15 WITA, Sabtu 26 November 2011. Malapetaka ini terjadi saat jembatan ramai dilintasi.

Saat ini polisi sudah memeriksa 30 saksi dalam kasus ini. Meski sudah ada titik terang penyebab ambruknya jembatan, Rita enggan menjelaskan lebih lanjut. Menurutnya, biar polisi yang menjelaskan. (ren)

Meski Gratis, Real Madrid Harus Keluarkan Dana Fantastis untuk Rekrut Mbappe
Truk Bantuan Kemanusiaan Bagi Gaza (Doc: MEMO)

Pengemudi Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza Kesal karena Israel Tutup Perbatasan

Para pengemudi truk yang terjebak di perbatasan Mesir dan Gaza mengatakan bahwa makanan yang mereka bawa ke Palestina bisa rusak jika menunggu terlalu lama.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024