RI Usir 13 Imigran Gelap Korban Kapal Karam

Kapal Imigran Gelap Tenggelam di Trenngelek
Sumber :
  • Reuters/Sigit Pamungkas

VIVAnews - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mendeportasi 13 imigran gelap asal Iran yang terdampar di perairan Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat. Sebanyak 13 imigran gelap ini dideportasi dalam dua gelombang.

"Lima orang telah dideportasi pada 8 Februari 2012 dan 8 orang lainnya sore ini dideportasi dengan pesawat Emirates menuju Iran," kata Kepala Bagian Humas Imigrasi Maryoto melalui pesan singkat, Kamis 9 Februari 2012.

Sebanyak 13 imigran gelap asal Iran itu telah melanggar pasa 113 Undang-undang No 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian. "Mereka keluar wilayah Indonesia tanpa melalui pejabat Imigrasi di tempat pemeriksaan," terang Maryoto.

Sedikitnya 46 imigran asal Afghanistan dan Iran terdampar di perairan Pamayang, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya pada Sabtu 4 Februari 2012. Kapal yang ditumpangi mereka tenggelam di laut Pamayan, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu pagi 4 Februari 2012.

Para imigran gelap ini diduga ingin menyusup ke Australia melalui Indonesia.  Mereka sempat dibawa ke lokasi penampungan Wisma Dewi, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dalam kasus ini, polisi telah menetapkan seorang warga negara Indonesia sebagai tersangka. Warga Indonesia itu menjadi tersangka karena terlibat dalam upaya membantu para imigran gelap ke Australia. (ren)

Jawaban Sinis Erik ten Hag
SPBU di Jakarta Timur

BBM Ini Bukan Pengganti Pertalite, Petugas SPBU Salah Sebut

Pertalite yang merupakan bahan bakar minyak, atau BBM bersubsidi rencananya dihapus tahun ini, bahkan sejumlah SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) sudah tidak lagi

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024