FOTO: Ritual Tolak Bala Mobil Listrik Dahlan Iskan

Mobil sport listrik Tucuxi
Sumber :
  • Fajar Sodiq/ VIVAnews

VIVAnews - Mobil listrik milik Dahlan Iskan, Tucuxi menjalani ritual tolak bala. Prosesi yang dimaksudkan untuk menghindari bahaya ini dipimpin oleh dalang kondang Ki Manteb Sudarsono. 

Diduga Lecehkan Komunitas Tuli Karena Kontennya, Komika Gerallio Dipolisikan ke Polres Jaksel

Dalam pesannya, Ki Manteb memaparkan perlunya pembersihan bala dalam kehadiran mobil lisrik tersebut. Upacara ini mengawali perjalanan perdana 1000 kilometer mobil listrik ini dari Solo menuju Surabaya.

"Supaya dalam perjalanan menuju Magetan dan Surabaya tidak menemui halangan dan terhindar dari bahaya," papar Ki Manteb, Sabtu, 05 Januari 2013.

Musala Warisan Abah Haji Dibongkar Pasukan Maung Kodim 619 TNI, Mang Osep Menangis

Tampak mobil Tucuxi tersebut dimandikan air kembang dari empat sumber mata air sesuai arah mata angin. Ki Manteb mendapatkan kesempatan pertama untuk mengguyurkan air kembang di bagian depan kaca mobil, yang kemudian dilanjutkan oleh Dahlan Iskan.

Dalam kesempatan tersebut Dahlan mengaku akan menyetir sendiri mobil listrik karya Danet Surytama ini. "Nanti saya akan menyetir sendiri mobil ini. Nanti dari Solo sampai Magetan dan besok dilanjutkan dari Magetan menuju Surabaya," ujarnya.

Motor Ducati Kembalikan Senyum dan Keganasan Marc Marquez, Bisa Lewati Rekor Rossi?

Dahlan menjelaskan proses test drive sejauh 1000 kilometer untuk menyakinkan dirinya bahwa mobil tersebut memang sangat layak. Hal serupa juga pernah dilakukannya saat melakukan pengetesan mobil listrik buatan Ahmadi dari Depok.

"Sebelum orang lain percaya, saya harus percaya dulu, jika mobil listrik ini memenuhi syarat dan orang lain tidak akan kecewa. Makanya saya harus melakukan uji coba ini," paparnya.

Dahlan berharap mobil Tucuxi ini bisa mengangkat citra mobil listrik nasional. Kedepannya, dia juga akan mengembangkan mobil listrik jenis Alphard yang akan bekerjasama dengan Danet dan Ahmadi. "Nanti sekitar Maret atau April mobil listrik jenis Alphard itu akan dikeluarkan. Itu jenis mobil keluarga," paparnya.

Foto selengkapnya lihat

(eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya