Siapa Jemberhacker, Peretas Situs SBY?

Situs resmi presiden SBY di www.presidensby.info
Sumber :
  • presidensby.info

VIVAnews - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Roy Suryo, mengatakan, situs presidensby.info bukan kemarin saja diretas. Menurut dia, dua tahun lalu, tatkala dirinya menjadi supervisor, situs itu juga kerap diserang peretas.

"Kasus yang terjadi pada situs presidensby.info kemarin siang itu persis yang terjadi sekitar dua tahun lalu. Jadi, kalau situs presidensby.info, setahu saya waktu jadi supervisor, itu sering kali mengalami serangan," kata Roy di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 10 Januari 2013.

Menurut dia, serangan itu tidak langsung masuk ke laman. Peretas menyerang jalan masuk ke laman presidensby.info. "Jadi, yang di-hack itu jalannya, situsnya sih nggak kena. Jadi, jalan di situs seolah-olah dibelokkan. Misalnya, presidensby.info dialihkan ke apa," kata ahli telematika ini.

Roy mengungkapkan, tak hanya laman SBY yang kerap diretas. Laman sejumlah kementerian juga tak luput dari serangan sejenis. "Kominfo itu pernah di-hack. Tapi, tidak langsung kena ke servernya, tapi ke jalannya. Jalan masuknya dibelokkan ke mana gitu," ujarnya.

Siapa pelakunya?
Peretas laman presidensby.info kemarin meninggalkan jejak "hacked by MJL007', jember hacker team." Sebuah alamat email juga ditinggalkan, yaitu jemberhackerterorrist@gmail.com. Roy Suryo menduga, peretas ini merupakan pemain baru. "Itu orang ngisengin saja," ujar Roy.

Sebenarnya, menurut dia, banyak kelompok peretas yang merupakan komunitas kreatif, namun belum menemukan sarana penyaluran. "Jember hacker belum pernah muncul, yang muncul kan dulu medanhacker, hackerlink, antihacker link, jogjahacker," ujarnya.

Heru Budi Dinilai Layak Lanjut Jadi Gubernur Jakarta, Angka Kepuasan Publik Capai 60 Persen

Namun, menurut dia, bisa saja peretas yang menamakan diri sebagai jemberhacker ini sebagai pemain lama. (art)

ilustrasi ambulans.

Geger Warga Tangsel Temukan Mayat Pria Terbungkus Sarung, Polisi: Korban Diduga Dibunuh

Mayat pria yang terbungkus sarung itu ditemukan warga di wilayah Perumahan Makadam, Pamulang, Kota Tangerang Selatan atau Tangsel.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024