TNI Ajak Pengusaha Kucurkan CSR di Lokasi Banjir

Ilustrasi evakuasi banjir
Ilustrasi evakuasi banjir
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVAnews - Jajaran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD), mengunjungi lima wilayah banjir di Jakarta dan Bekasi, Jawa Barat, Minggu, 26 Januari 2014. Daerah yang dikunjungi adalah Bukit Duri, Tebet (Jakarta Selatan), Kampung Pulo, Kampung Melayu (Jakarta Timur).

Kemudian, Kecamatan Taruma Jaya dan Desa Samudra Jaya (Bekasi), Perum Mutiara Pluit (Tangerang), Kecamatan Muara Gembong dan Kecamatan Cabang Bungin (Bekasi).

Kepala Satuan TNI Angkatan Darat, Jenderal Budiman, menuturkan, TNI-AD sejauh ini telah memberikan bantuan terhadap warga yang terkena banjir. Ini akan dilakukan sampai masa tanggap banjir selesai.

"Memang, kami hanya bisa membantu sesuai tenaga dan peralatan yang kami miliki. Kami tidak bisa membantu banyak," kata Budiman di Bukit Duri, Jakarta Selatan, Minggu, 26 Januari 2013.

Meski begitu, TNI mengajak para pengusaha melalu program Corporate Social Responsibility (CSR) yang mereka miliki untuk memberikan bantuan pemulihan di lokasi banjir.

"Kami TNI AD bersama pengusaha dan juga perorangan akan membantu saudara kami yang tertimpa musibah. Kegiatan TNI-AD dari sejak ada banjir kami kontrol terus-menerus hingga matahari sudah bersinar seperti sekarang," katanya.

Budiman menambahkan, anggota TNI-AD yang diturunkan untuk membantu korban banjir di seluruh Indonesia jumlahnya mencapai 23.600 personel.

Pada saat puncak banjir, personel yang diturunkan mulai dari Kodam Jaya sebanyak 7.600 personel, Kostrad 5.000 personel, Kopassus 1.000 personel.

Kemudian, dari Kodam Siliwangi ditempatkan sepanjang Pantura ada 5.000
personel, Kodam IV Diponegoro 3.000 personel, Kodam II Sriwijaya 1.000 personel dan di Manado diturunkan 2.000 ribu lebih personel.

"Personel yang kami turukan berikut seluruh peralatan yang kami miliki. Semuanya akan bersiaga hingga banjir surut," katanya. (one)