Soputan Meletus, Lindu Masih Goyang Minahasa

Gunung api Soputan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar

VIVA.co.id - Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, kembali meletus sekitar pukul 17.09 WITA, Sabtu, 7 Maret 2015. Meski begitu, status gunung masih level 3.

Bandara Sam Ratulangi Manado Kembali Ditutup

Pasca meletusnya gunung tersebut, hingga hari ini, Minggu 8 Maret 2015, alat seismograf yang terpasang pada pos pemantau di Desa Silian 3, Kecamatan Silian Raya, Minahasa Tenggara, masih terus menunjukkan adanya getaran pada permukaan tanah.

Menurut pantauan petugas, hari ini terjadi lima kali gempa vulkanik dan delapan hembusan angin panas. Secara visual, cerahnya cuaca membuat gunung bisa terlihat jelas. Asap putih tebal dengan ketebalan sekitar 200 meter tampak jelas terlihat mengarah ke Tenggara.

750 Hektare Lahan Pertanian di Minahasa Terancam Gagal Panen

Kemarin, saat gunung meletus, asap putih yang keluar dari kawah tampak membumbung tinggi, dengan ketebalan hingga 4.500 meter. Debu vilkanik yang jatuh tampak menyebar ke beberapa wilayah di Kecamatan Silian Raya, Touluaan, Tombatu dan sebagian di Kecamatan Pasan dan Ratahan.

Walaupun petugas menyatakan bahwa aktivitas mulai menunjukkan penurunan, namun para warga yang bermukim dan bekerja di sekitar gunung diminta untuk terus waspada dan menjauhi kawasan dengan radius 6,5 kilometer. Selain itu, para pendaki juga tidak diperbolehkan mendekat ke area Gunung Soputan.

Truk Polisi Penghalau Massa Dipakai Bersihkan Abu Soputan

Laporan: Marwan Dias Aswan/Sulawesi Utara

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya