3 Universitas di Indonesia Masuk 100 Top Asia

VIVAnews - Tiga universitas di Indonesia masuk 100 rangking universitas top di kawasan Asia. Pemeringkatan dilakukan oleh Times Higher Education yang dikenal sebagai lembaga pemeringkat universitas dunia.

Dalam keterangan tertulis Deputi Direktur Kantor Komunikasi Universitas Indonesia Devie Rahmawati, Senin 25 Mei 2009, Indonesia berhasil mendudukkan wakilnya di peringkat 50 (UI), 63 (Universitas Gadjah Mada), dan 80 (Institut Teknologi Bandung).

Wakil Indonesia ini mengungguli beberapa wakil negara-negara besar du Asia seperti Pusan University, Korsel yang ada di peringkat 83, University of Delhi (60), Tokyo University of Science (67), dan Tokyo University of Ahriculture and Tech yang ada di peringkat 93.

Menurut Devie, saat ini tercatat ada 29 metodologi pemeringkatan universitas. Tapi sedikitnya ada tiga pemeringkat yang memiliki reputasi internasional, yakni Times Higher Education (THES), Sanghai Jiao Tong University, dan Webometrics. Lewat pemeringkatan setiap universitas akan memiliki panduan obyektif untuk memetakan keunggulan dan kelemahan antar perguruan tinggi di seluruh dunia. THES sendiri menggunakan sembilan indikator.

Pertama, mengukur kualitas penelitian lewat survei di kalangan akademik. Indikator ini memiliki pembobotan 30 persen. Kedua, rasio staf pengajar dan mahasiswanya dengan bobot 20 persen. Ketiga, Citations per Paper, seberapa banyak penelitian universitas terkaoit dikutip (bobot 15 persen). Kemudian keempat, employer review, kesiapan kerja lulusan (bobot 10 persen). Indikator lainnya, papers students (2,5 persen), international student (2,5 persen), dan international faculty (2,5 persen).

Joe Biden Dikecam karena Diam Saat Israel Menghadapi Ancaman Surat Perintah Penangkapan

Selain itu juga terdapat lima bidang akademik yang menjadi subyek penelitian, art and humaties, engineering and IT, life sciences an biomedicine, natural sciences, dan social science. UIĀ  berada di peringkat 18 besar untuk kategori social sciences.

Babe Cabita dan Istrinya

Upaya Istri untuk Obati Babe Cabita, Sampai Hubungi Dokter di India

Setelah berbagai usaha yang telah dilakukan oleh Zulfati Indraloka untuk menemukan pengobatan yang lebih baik, Babe Cabita disarankan untuk dirawat di rumah.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024