Melintas di Makam Ini, Dipercaya Bisa Buat Pesawat Jatuh

Salah satu sudut Wot Galeh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dody Handoko
VIVA.co.id
8 Tradisi Unik Menyambut Ramadhan di Indonesia: Dari Nyorog Sampai Megibung
- Wot Galeh adalah sebutan bagi sebuah kompleks pemakaman yang berada tak jauh dari kompleks Bandara Adi Sutjitpto Maguwo, Sleman, Yogyakarta. Letaknya kira-kira ada di sisi selatan landas pacu bandara, di antara lahan sawah yang ditanami tebu.

Tradisi dan Mitos di indonesia Saat Momen Gerhana Bulan
 
Apa Itu Tedak Siten, Ritual Atta-Aurel untuk Ameena
Wot Galeh juga dikenal sebagai Makam Pangeran Purbaya, putera Panembahan Senoppati yang disebut-sebut sangat sakti.

Menurut mitos, apapun akan jatuh ketika berada di atas makam ini. Mulai dari burung atau binatang yang lewat  di atas makam akan mati. Bahkan sampai hari ini tidak ada pesawat yang berani lewat di atas makam Pangeran Purbaya. 

 

“Setahu saya waktu saya kecil di sekitar kuburan  Pangeran Purbaya banyak  burung dan hewan yang mati bergeletakan. Selain baunya busuk juga membuat makam ini semakin angker karena rumputnya tinggi, ditumbuhi semak belukar,”ujar juru kunci makam Surakso Zaenudin, Jumat 5 Juni 2015.

 

Seingatnya sudah ada empat pesawat latih TNI AU yang jatuh di sekitar kompleks makam. Dia menghitung kejadian itu dari sekitar tahun 1970-2015. Pesawat latih itu bahkan ada yang jatuh di dekat pagar makam.


“Makanya penerbang tidak berani menerbangkan pesawat lewat di atas maka. Setiap akan latihan terbang pihak TNI AU juga ziarah ke makam Pangeran Purbaya,” ujarnya.

 

Beberapa waktu yang lalu pesawat Gilder 611 jatuh di dekat pagar makam. Lokasi jatuhnya pesawat berada 300 meter dari masjid Sulthoni Wotgaleh. Penyebab jatuhnya pesawat latih itu masih simpang siur.


Menurut Surakso terjadinya kecelakaan bisa jadi karena penerbang kurang mengindahkan rambu-rambu kearifan lokal, yakni larangan keras melintas di atas makam Pangeran Purbaya atau Wotgaleh.

 

”Saya kira  semua maskapai penerbangan di sini, baik sipil maupun milter, paham betul kalau ada larangan yang tak boleh dilanggar. Biasanya pesawat melintas di bagian selatan masjid, pesawat ini melintas di masjid utara yang dikeramatkan,” ujarnya


Sebelumnya ada peristiwa serupa yang menimpa pesawat latih jenis Charli, jatuh dan pilotnya menjadi korban. Waktu pihak AU lantas melakukan Jumatan dan berziarah ke makam Wotgaleh.


Dari pantauan, di dalam pagar tembok kompleks makam Wot Galeh ini terdapat sebuah masjid semi terbuka. Cungkup makam berisi dua makam, yakni Pangeran Purbaya, dan sang bunda, Ratu Giring.

 

Selain itu, di belakang masjid terdapat sebuah sumur, yang konon dibuat semasa hidup Pangeran Purbaya. Bibir sumur setinggi kira-kira semeter tergolong lebar jika dibandingkan lebar bibir sumur kebanyakan.

 

Kompleks pemakaman ini setiap malam Selasa Kliwon maupun Jumat Kliwon ramai didatangi para peziarah. Mereka datang untuk semedi atau tirakat.


Umumnya, orang yang berniat melakukan tirakat biasanya mengawali prosesi dengan diguyur badannya menggunakan air sumur tersebut sebanyak tujuh kali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya