Jaksa Agung Rotasi Sejumlah Pejabat Eselon II

Ilustrasi jaksa.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Bambang Soesatyo Jadi Ketua Komisi III DPR
- Jaksa Agung HM Prasetyo merotasi sejumlah pejabat eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung. Satu di antaranya adalah Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Tony Spontana yang dipromosikan menjadi kepala Kejati DI Yogyakarta.

ICW Tak Heran Kejaksaan Agung Dapat Rapor Merah

Tony akan menggantikan posisi I Gede Sudiatmaja. Sementara itu, jabatan kapuspenkum yang baru akan diisi oleh Amir Yanto yang sebelumnya menjabat sebagai wakil Kajati Sumatera Utara.
Dapat Rapor Merah, DPR Diminta Panggil Jaksa Agung


Selain itu, Prasetyo melantik Kajati Jambi Erbindo Saragih yang menggantikan Bambang Sugeng Rukmono yang dipindah menjadi Inspektur IV Jaksa Agung Muda Pengawasan. Erbindo sebelumnya menjabat sebagai direktur II Jaksa Agung Muda Intelijen.


Prasetyo mengatakan, serah terima jabatan dilakukan sebagai upaya penyegaran, terutama bagi aparat jaksa di daerah. Promosi dan mutasi adalah tuntutan organisasi yang harus dilaksanakan guna mengasah kemampuan.


"Keberanian dalam tugas harus dimiliki sebagai upaya melakukan revolusi mental. Saya minta saudara pelajari instruksi Presiden tersebut. Pemberantasan korupsi harus diletakkan untuk kepentingan rakyat dan kelancaran program pembangunan," kata Prasetyo dalam sambutannya di Gedung Kejagung, Jakarta, Selasa, 8 September 2015.


Prasetyo juga meminta agar pejabat di daerah segera menyesuaikan diri dengan tugas baru. Apalagi, menyongsong pilkada serentak yang berpotensi membawa dampak di bidang politik, ekonomi, sosial, hukum, dan keamanan.


"Untuk itu, saya ingatkan agar para kajati segera melakukan langkah antisipasi agar berperan aktif dalam menjaga keamanan daerah," ujar dia.


Rotasi pejabat eselon II itu berdasarkan Keputusan Jaksa Agung Nomor Kep-117/A/JA/08/2015 tanggal 12 Agustus 2015. Selain Tony dan Erbindo, pejabat lain yang dirotasi adalah, Kajati Banten M Suhardy yang kini menjabat sebagai direktur II Jaksa Agung Muda Intelijen. Selanjutnya, Kajati Banten digantikan oleh wakil Kajati Kepulauan Riau Ely Syahputra.


Ada pula Kajati Maluku Utara Agus Sutoto yang dirotasi sebagai direktur Tindak Pidana terhadap Keamanan Negara dan Ketertiban Umum pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum. Posisi Agus digantikan wakajati Sulawesi Selatan, Heru Sriyanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya