Buwas Sentil LSM yang Suka Kritik Kinerja Polri

Kapolri lantik Budi Waseso Menjadi Kepala BNN
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
PDIP Bahas Nama Budi Waseso untuk Pilkada Jakarta
- Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso (Buwas) meminta agar pengamat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerhati kepolisian tak sembarang dalam mengkritik institus Polri.

Saingi Ahok, Pendukung Budi Waseso Mulai Dekati PDIP

"Jadi polisi itu enggak gampang. Makanya kalau ICW, Kontras, ngomong polisi gampang mengungkap, coba dia suruh jadi polisi, coba rasakan. Tahu-tahu ada tanya jawab, tanya jawab," ujar pria yang akrab disapa Buwas di Mapolda Metro Jaya. Jakarta. Rabu 9 September 2015.
Puluhan Warga Dukung Buwas Maju di Pilkada Jakarta


Buwas mengungkapkan, kalau menilai dan mengkritik orang dan instansi memang mudah, akan tetapi jika disuruh melaksanakan sesuai tugas kepolisian tidak bisa.


"Saya minta jangan menilai polisi seenaknya saja. Kalau ngomong itu gampang, tapi jika disuruh melaksanakannya hal yang sama susah," katanya.


Menurut Mantan Kapolda Gorontalo ini, jadi seorang polisi tidak mudah dan sulit. Dirinya meminta siapapun agar menghargai kinerja Polri.


"Jadi, pekerjaan anggota saya (polisi) ini sangat sulit dan tidak mudah dilakukan. Jadi tolong hargai, jangan asal ngomong. Orang ngomong kan mudah, suruh ngelakuin enggak bisa," ujarnya.


Sebagai contoh, Buwas mengibaratkan ucapannya dengan seorang pemain sepak bola dengan penonton dan komentator di pertandingan sepakbola.


"Ibarat main bola, kalau liat hanya bisa berkomentar, tanpa tahu apa yang terjadi di lapangan, contoh pemain tinggal selangkah lagi tidak bisa mencetak gol, Dia (para komentator) suruh main bola, ketendang bola saja tidak, apalagi menjebolkan gawang," katanya.


Untuk itu, Buwas menyarankan, seharusnya pihak kepolisian dan masyarakat termasuk LSM, pengamat dan aktifia bersama-sama dan bahu-membahu untuk mengungkap suatu kejahatan.


"Kita sama-sama, dari seluruh aspek masyarakat, termasuk LSM, pengamat dan aktifis, marilah bantu untuk mengungkap kejahatan, baik korupsi, narkoba dan lain-lain. Jangan saling tuding-tudingan, semua kan untuk bangsa," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya