Fadli Zon: Demokrasi Tak Bisa Dilakukan Saat Rakyat Lapar

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon menilai demokrasi di Indonesia belumlah ideal. Menurutnya, masih ada pemikiran tentang demokrasi yang perlu dikoreksi.

Fadli Zon: Silakan Demonstran Menginap di DPR
"Kita sejahtera dulu baru bisa berdemokrasi dengan tenang. Tidak mungkin demokrasi bisa dilakukan saat rakyat lapar, miskin. Akhirnya demokrasi menyimpang jadi money politik dan anarki," kata Fadli dalam diskusi di MMD Initiative, Jakarta, Rabu 30 Maret 2016.
 
Fadli Zon Antusias dengan Koalisi Kekeluargaan
Adanya praktik politik uang bukan hanya karena kehendak calon kepala daerah, masyarakat atau partai politik. Tapi keadaan yang memungkinkan adanya politik uang sehingga demokrasi tak bisa berjalan.
 
Fadli Zon Ingin Pendidikan Jangan Berdasarkan Selera
"Kalau berharap dengan demokrasi kita akan capai kesejahteraan, dari berbagai studi menunjukkan tidak ada hubungannya antara demokrasi dengan kesejahteraan. Tidak ada buktinya. Kalau keadaan bisa lebih baik iya, tapi tergantung program pemimpinnya," kata Fadli.
 
Menurutnya, pemimpin terbaik pun belum tentu bisa membawa kesejahteraan. Negara lain yang lebih makmur justru negara yang menganut otoritarian.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya