Menteri Desa Akui Peran Strategis Perempuan dalam Masyarakat

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Marwan Jafar (dua dari kanan).
Sumber :
  • Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

VIVA.co.id - Bangsa Indonesia pada hari ini memperingati Hari Kartini. Wanita kelahiran Jepara itu merupakan salah satu pelopor emansipasi wanita di Indonesia. Karena jasanya, peran perempuan semakin terasa di segala lini kehidupan masyarakat baik itu di tingkat nasional atau pun sampai tingkatan bawah yaitu desa.

Cuma di Banyuwangi Kompetisi Bersepeda Sambil Berkebaya

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar, pun ikut mengakui posisi strategis perempuan dalam kehidupan sosial masyarakat. Menurutnya, mereka tidak bisa dilepaskan dari perencanaan pembangunan termasuk di desa.

"Keterlibatan perempuan dapat mewarnai dalam pengambilan keputusan atau kebijakan. Dan salah satu organisasi perempuan yang ada di tingkat desa adalah PKK," kata Menteri Marwan melalui keterangan tertulis, Kamis, 21 April 2016.

Tak Usung Perempuan di Pilkada, PKS Dinilai Parpol Pelit

Marwan mencontohkan, peranan strategis perempuan yang tergabung dalam PKK atau Pembinaan Kesejahteraan Keluarga dalam membangun desa salah satunya adalah melakukan kegiatan pembinaan remaja dan lanjut usia (lansia). Selain itu juga sering kali membuat taman bacaan dan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta usaha ekonomi kreatif dan lainnya.

"PKK harus terlibat aktif dalam perencanaan pembangunan desa," ujar menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.

Dua Mantan Menteri Jokowi Penantang Kuat Ganjar Pranowo

(mus)

 Anggota Komisi VI DPR RI, Marwan Jafar.

Anggota DPR Kesal ke Salah Satu BUMN, Mau Beli APD Malah Dipingpong

Mau beli APD untuk masyarakat di Dapilnya, tapi malah dipingpong.

img_title
VIVA.co.id
11 September 2020