Anggota DPR: Mesti Ada Edukasi Kejahatan Seksual di Lapas

Rahayu Saraswati (tengah)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Anggota Komisi VIII DPR RI Rahayu Saraswati Djojodadikusumo menilai, pemerintah sejauh ini kurang cermat dalam melihat penyebab utama terjadinya kasus kekerasan seksual terhadap anak.

Kronologi Ayah di Sidoarjo Cabuli Anak Kandung Berusia 3,5 Tahun

Rahayu lantas memberikan contoh, saat seorang pelaku kekerasan seksual pada anak telah divonis bersalah dan menjalani hukuman di lembaga pemasyarakatan (lapas), mereka tidak diberikan edukasi mengenai tindakan yang mereka lakukan. Imbasnya, saat selesai menjalani masa hukuman, pelaku berpotensi mengulangi perbuataannya.

"Seperti saat pelaku masuk lapas justru pelaku tidak mendapat edukasi dari pihak lapas. Dan di saat keluar lagi tidak menutup kemungkinan pelaku kembali berulah," ujarnya dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin, 23 Mei 2016.

Miris! Anak TK di Pekanbaru Diduga Jadi Korban Kekerasan Seksual Temannya

Tak hanya edukasi, masalah kemiskinan dan pengangguran merupakan hal lain yang turut serta berpotensi menimbulkan kekerasan seksual terhadap anak. Maka dari itu, pemerintah diminta tanggap dalam segala bidang untuk menekan angka kasus pelecehan seksual terhadap anak.

"Karena nantinya pelaku selalu berusaha melampiaskan hasrat mereka karena dilanda berbagai masalah," kata dia.

Pelaku Pelecehan Seksual Terhadap 300 Anak Ungkap Kriteria Korbannya
Anies Baswedan.

Cek Fakta: Anies Sebut Lebih dari 15 Juta Orang Jadi Korban Kekerasan Seksual

Dalam debat terakhir, Capres nomor urut 01, Anies Baswedan mengatakan jika lebih dari 15 juta orang mengalami kekerasan seksual.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2024