Menhub: Mudik Jangan Kejar Waktu, Kalau Capek Istirahat

profil tokoh Ignasius Jonan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, memastikan terus melakukan persiapan dan pengawasan fasilitas bagi pemudik. Dari berbagai persiapan, Jonan mengkhawatirkan arus mudik kendaraan roda dua yang akan membludak pada mudik Idul Fitri tahun ini.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

"Kalau motor ini banyak nih, perkiraan kami dibanding tahun lalu sekitar 50 persen," kata Jonan di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 20 Juni 2016.

Jonan khawatir, kenaikan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor akan berdampak pada kecelakaan lalu lintas. Ia meminta para pemudik waspada dan menjaga stamina selama di perjalanan.

Musim Mudik di Sumut, Kecelakaan Naik Korban Berkurang

"Saya sangat menganjurkan kalau pengguna motor tidak usah ngejar waktu. Kalau capek istirahat. Jangan berangkat dari sini malam mau sampai ke Kebumen subuh, gak usah. Nanti kecapean malah celaka," ujarnya menambahkan.

Sedangkan pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat dari perhitungan Kemhub jumlahnya tidak terlalu signifikan. "Mungkin sekitar 5 persen dibanding tahun kemarin," katanya.

Fadli Zon Usul Bus Dinas Boleh Angkut Pemudik

Jonan mengungkapkan, kenaikan pengguna pesawat terbang tahun ini sekitar 39 persen dibanding tahun lalu. Pengguna kapal laut naik 2-3 persen. Pengguna kereta api naik 3-4 persen dan pengguna bus naik sekitar enam persen.

"Persiapan dan berbagai operasi menuju Lebaran sudah terus kita lakukan. Saya kira, mestinya semua sudah cukup."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya