Kepadatan Lalu Lintas Pejagan-Brebes Mulai Berkurang

Pantauan lalu lintas mudik lebaran 2016 melalui CCTV Kemenhub
Sumber :
  • VIVA.co.id / Nadlir

VIVA.co.id – Sejumlah titik jalur mudik Lebaran 2016 hingga H-2, Senin 4 Juli 2016 terpantau lancar. Kepadatan lalu lintas hanya terjadi di exit tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah.

Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

Ini terpantau dari Posko Angkutan Lebaran Nasional Terpadu, Kementerian Perhubungan. Direktur Pembinaan Keselamatan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Eddi, mengatakan, hingga pagi ini sampai dengan pukul 10.00 WIB volume kendaraan yang akan keluar tol Pejagan arah ke Brebes terpantau padat. Namun, lebih sepi dibanding hari kemarin. 

"Pagi ini, Pejagan agak padat, tapi kelihatan masih lancar. Di Brebes Timur agak lebih landai dibanding H-3 kemarin," kata Eddi. 

Keseruan Rayakan Bulan Kemerdekaan, Arakan Ondel-Ondel dalam Mal Hingga Kuliner Jalur Mudik!

Menurut dia, ada peningkatan volume kendaraan. Namun, laju kendaraan relatif lancar tanpa hambatan yang berarti. 

"Ada peningkatan, tapi relatif lancar tak seperti hari kemarin. Kemarin sampai tak berjalan. Hari ini kepadatan rendah tapi jalan. Sudah bergerak," kata dia. 

Pemudik Meninggal Dunia di Jalur Gentong Tasikmalaya, Diduga Kelelahan

Senada, Ketua Posko Harian, Posko Angkutan Lebaran Nasional Terpadu, Gajah Rooseno, mengatakan, semua titik arus jalan yang dikhawatirkan macet pagi tidak terjadi. Sebab, sejumlah jalur tersebut justru terpantau lancar dibanding kemarin.

"Pagi ini relatif lancar, kemarin parah di Brebes. Padat hari ini terjadi di exit tol Pejagan," ujar Direktur Kesatuan Penjagaaan Laut dan Pantai Ditjen Perhubungan Laut, Kemenhub tersebut. 

Pada musim mudik Lebaran 2016, Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah penumpang mencapai 17.698.484 orang atau naik sebesar 1,69 persen dari jumlah tahun lalu sebanyak 17.404.575 orang.

Untuk mobil pribadi, diprediksi terjadi kenaikan sebesar 4,5 persen dari tahun lalu yaitu dari 2.371.358 kendaraan menjadi 2.478.069 kendaraan.

Sementara itu, untuk sepeda motor, diprediksi terjadi kenaikan sebesar 50 persen dari masa Angkutan Lebaran 2015 yaitu dari 3.759.122 motor menjadi 5.638.683 motor. 

Sarana angkutan yang telah disiapkan Kementerian Perhubungan untuk angkutan jalan sebanyak 46.478 bus dan 195 kapal Ro-Ro untuk angkutan penyeberangan.

Jumlah sarana angkutan kereta api sebanyak 447 lokomotif, 1.694 gerbong kereta, dan 334 kereta api. Untuk angkutan udara, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan 529 pesawat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya