Atasi Macet Brebes, Ketua DPR Usul Bangun Jalan Layang

Antrean kendaraan di dekat gerbang tol Brebes Timur saat puncak musim mudik Lebaran 2016.
Sumber :
  • @PTJASAMARGA

VIVA.co.id – Kemacetan yang terjadi di Jawa Tengah pada saat mudik Lebaran membuat banyak pemudik mengalami kelelahan.

Tiga Titik Ini Disiapkan untuk Hindari Macet di Tol Cipali

Ketua DPR, Ade Komarudin menjelaskan, dia langsung mendatangi lokasi untuk melihat secara kasat mata dan mengevaluasi perihal kemacetan yang dialami oleh para pemudik di Jawa Tengah itu.

Ia mengakui, fasilitas yang ada di tol baru tersebut memang masih tidak terjamin. Ia menganggap perlu adanya peningkatan pelayanan untuk pengguna jalan tol.

Tol Brexit Diprediksi Padat Malam Ini Hingga Besok Pagi

"Saya ke sana dengan kapolantas. Yang jelas, waktu itu tol kan baru, semua orang ingin coba. Tol baru tersebut belum ada SPBU dan rest area yang terjangkau jaraknya dengan kemacetan," kata Ade di sela Open House Akbar Tanjung, Rabu 6 Juli 2016

Selain SPBU dan rest area, DPR juga akan mengevaluasi mengenai antrean bayar yang masih lama, sehingga membuat kemacetan cukup panjang.

Tol Darurat Brebes-Gringsing Dioperasikan Meski Minim Lampu

"Kemudian harus evaluasi soal antrean bayar, harusnya bayar dengan uang pas. Kalau memang bayar Rp2 ribu, ya dengan uang pas. Tidak ada kembalian," ujarnya.

Sementara itu, kemacetan juga bertambah akibat adanya arus dari arah Pantura dan perlintasan kereta api. Maka dari itu, kepolisian sempat melakukan buka tutup jalan

"Pintu keluar di pintu utama itu ada arus dari Pantura, sedangkan dari mana-mana padat. Makanya harus buka tutup," tuturnya.

Untuk itu, ia menilai perlu dilakukan pembangunan jalan layang guna menghindari arus kemacetan yang berkepanjangan.

"Karena ada kereta yang setiap 20 menit datang,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya