Harapan Keluarga Almarhum Husni Kamil Manik ke Pemerintah

Presiden Joko Widodo di rumah almarhum Husni Kamil Manik
Sumber :
  • Ari Setiawan/Karo Protokol Istana Kepresidenan

VIVA.co.id – Hamdan Noor Manik, kakak kandung almarhum mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, berharap kepada pemerintah agar memperhatikan makam almarhum yang sudah dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Paling Tua, Hadar Gumay Jadi Pelaksana Ketua KPU

"Kami keluarga tidak mau jika diminta memindahkan makam almarhum ke TPU Makam Pahlawan Kalibata, cukup di TPU Jeruk Purut saja asal pemerintah memperhatikan dan merawat makam almarhum. Almarhum sebagai bintang penegak demokrasi di Indonesia," kata Hamdan kepada VIVA.co.id di rumah duka, Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Senin, 11 Juli 2016.

Dia mengungkapkan, dengan terawatnya makam almarhum Husni, secara tidak langsung makam di TPU Jeruk Purut akan ikut terawat dan diperhatikan.

Calon Pengganti Komisioner KPU Tak Perlu Uji Kelayakan Lagi

"Secara tidak langsung jika makam almarhum dirawat maka TPU Jeruk Purut ikut terawat," katanya.

Sementara sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang ke rumah duka. Hamdan mengatakan, kedatangan orang nomor satu tersebut adalah menyampaikan bela sungkawa mendalam kepada keluarga almarhum yang ditinggalkan.

Ada Mekanisme Voting, Anggota KPU Harus Tujuh Orang

"Selain itu, beliau juga menyampaikan kesan almarhum sebagai sosok yang baik dan memegang prinsip dalam menjalankan tugas sebagai Ketua KPU," katanya.

Dia menuturkan, tidak ada kedekatan khusus antara Jokowi dan Husni. Menurutnya, selama ini, hubungan keduanya hanya sebatas bertemu di acara kenegaraan.

"Jadi tidak ada hubungan khusus, sebatas acara kenegaraan saja, seperti buka puasa bareng bertemunya," ucapnya.

Sementara disingung mengenai sosok mantan komisioner KPU Sumatera Barat ini, Hamdan mengaku bahwa almarhum sebagai sosok pemimpin yang humanis.

"Tapi walaupun humanis tidak humanis dengan maksud tertentu, almarhum juga sosok yang cool dan gaul," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya