Risma: Ahok itu Petahana, Jadi Tak Perlu Takut

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma.
Sumber :

VIVA.co.id - Perang urat syaraf Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Gubernur DKI Jakarta, dengan Tri Rismaharini alias Risma, Wali Kota Surabaya, terus berlanjut. Pernyataan Ahok, yang menyebut Surabaya seperti Jakarta Selatan, membuat Risma meradang.

Pemerintah Siapkan Rp476 Triliun untuk Anggaran Perlindungan Sosial Tahun 2023

Pernyataan Ahok itu dikait-kaitkan sebagian kalangan dengan peluang Risma mengalahkan Ahok dalam Pilkada DKI Jakarta. Risma mengaku sebenarnya tidak memiliki keinginan untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta.

Menurutnya, keinginan untuk menjadikannya Gubernur DKI Jakarta justru berasal dari warga Jakarta. Dia mencontohkan saat beberapa kali ke Jakarta mendapatkan jamuan dari warga.

Mensos Risma Bakal Tegur Pengemis Online di TikTok

"Waktu itu warga yang meminta saya, bahkan mereka tahu kesukaan saya makan polo pendem (umbi-umbian), bukan kue yang mahal-mahal," kata Risma di Surabaya pada Jumat, 12 Agustus 2016.

Semua poster dukungan untuknya yang tersebar di Jakarta juga berasal dari warga. "Jadi bukan aku yang buat, mereka sendiri.”

3 Eks Kepala Daerah PDIP Ngantor di Jakarta, Ancang-ancang Pilgub DKI?

Risma menyarankan Ahok tidak takut kepada tokoh lain yang berniat atau sekadar disebut sebagai calon kuat dalam Pilkada Jakarta tahun 2017. Tak pantas pula calon petahana semacam Ahok menyerang orang lain, seperti kepadanya. "Pak Ahok itu incumbent (petahana), jadi tidak perlu takut," ujar dia.

Pernyataan Ahok yang menyulut emosi Risma karena sang Gubernur membanding-bandingkan Surabaya dengan Kota Jakarta Selatan. Satu hal yang disorot Ahok ialah keberhasilan Risma membangun trotoar yang ramah dan nyaman bagi warga di Surabaya.

Menurut Ahok, Surabaya tak dapat disetarakan DKI Jakarta dengan segala macam masalahnya. Dia bahkan menyebut Surabaya sesungguhnya hanya setara Kota Jakarta Selatan.

"Jakarta beda banget sama Surabaya. Surabaya trotoarnya sudah rapi. Jakarta, kok, belum? Kita akan jelaskan kepada masyarakat: Surabaya itu cuma Jakarta Selatan. Gitu, lho,” ujar Ahok kepada wartawan di Balai Kota Jakarta pada Kamis, 11 Agustus 2016.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya