Diadang, Kepala BRG Tegaskan Pemerintah yang Atur Korporasi

Kebakaran lahan di Riau, Rabu, 29 Juni 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ali Azumar

VIVA.co.id – Tim Badan Restorasi Gambut (BRG) yang dipimpin Kepala BRG, Nazir Foead diadang oleh sekuriti PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Peristiwa pengadangan itu terjadi di Desa Bagan Melibur, Pulau Padang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau pada Senin lalu, 5 September 2016.

Hampir 10 Ribu Warga Palembang Terpapar ISPA Dampak Kabut Asap, Mayoritas Balita

Nazir yang dihubungi VIVA.co.id, mengaku bahwa setelah pengadangan, ia pada Senin malam, langsung menghubungi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Teten Masduki.

"Menegaskan bahwa tugas pemerintah untuk mengatur korporasi tidak boleh dihalangi dan tujuan kita adalah untuk kebaikan semua, tindakan pengadangan tidak bisa diterima," ujar Nazir pada Rabu 7 September 2016.

Angin Puting Beliung Bikin Kebakaran di Gunung Bromo Semakin Tidak Terkendali

Atas peristiwa itu, Nazir mengatakan, pemerintah memberikan tugas kepada BRG untuk menjalankan fungsi dan wewenangnya. Karena itu, inspeksi mendadak yang dilakukan di lokasi tersebut adalah dalam rangka tugas negara, melakukan kembali penanaman di lahan gambut.

Lanjut Nazir, baik Menteri Siti dan KSP Teten menegaskan bahwa negara mempunyai kewenangan ekstra untuk meminimalisir bencana kebakaran hutan. Selain itu, pemerintah juga memiliki kewenangan dalam hal regulasi.

Kebakaran Gunung Arjuno Meluas, Jatim Butuh Helikopter Water Bombing Tambahan

"Tidak boleh main-main, karena pemerintah sekarang sedang berupaya yang baik untuk semua pihak, termasuk untuk dunia usaha sendiri," lanjutnya. (asp)

Ular Gede Hangus Terbakar di Gunung Sindur Bogor

Geger Puluhan Ular Cobra dan Anak-anaknya Mati Terbakar di Lahan Bogor

Sebuah lahan yang berada di Desa CIbadung, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor belum lama ini mengalami kebakaran lahan. Banyak hewan mengerikan mati sesaat.

img_title
VIVA.co.id
1 November 2023