Polisi: Tim Saber Terima 9.000 Laporan Pungli

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Rikwanto.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Komisaris Besar Rikwanto mengemukakan, tim sapu bersih pungutan liar telah menerima sekitar 9.000 laporan pungli di berbagai instansi. Laporan itu diterima sejak tim berdiri hingga saat ini.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Selain laporan dari petugas, kata dia, tim juga memiliki satuan tugas intelijen yang menyelidiki pungli. "Tim tidak hanya menunggu laporan tapi juga mengintai," ujarnya dalam perbincangan di tvOne, Minggu, 20 November 2016.

Laporan yang masuk, menurut Rikwanto, juga datang dari masing-masing intansi. Mereka mengirimkan informasi ke tim saber pungli pusat untuk minta bagian tertentu di instansinya untuk diawasi. 

KPK Pecat 66 Pegawai yang Terlibat Pungli Rutan

Menurut Rikwanto, masyarakat yang menemukan pungli dapat melaporkannya ke nomor hotline petugas, antara lain dengan mengirimkan pesan singkat (sms) ke nomor 0856 atau 1193. “Masyarakat yang melapor akan dilindungi,” ujarnya.

Satgas Saber Pungli resmi dibentuk setelah Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016, Jumat, 21 Oktober 2016. Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan menjadi penanggung jawab satgas ini. Sementara ketua pelaksana dipegang Inspektur Pengawasan Umum Polri.

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok
Para Tersangka Kasus Pungli Rutan KPK, Termasuk Karutan Achmad Fauzie

KPK Nonaktifkan Rutan POM AL dan Pomdam Jaya Guntur Buntut Kasus Pungli

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, menonaktifkan dua rumah tahanan (Rutan), buntut dari kasus dugaan pemungutan liar alias pungli yang terjadi di dalam rutan tersebut

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024