TNI Angkatan Laut Beli Kapal Canggih Buatan PT PAL

Kapal patroli Koarmabar TNI AL. Foto ilustrasi
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Eksistensi industri perkapalan dalam negeri semakin mendapatkan tempat. Baru-baru ini salah satu kapal tunda buatan PT PAL Indonesia yang diberi nama TD Malabar dibeli TNI Angkatan Laut.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Direktur Pengembangan PT PAL Indonesia, Turitan Indaryo, mengatakan bahwa kapal itu termasuk canggih karena memiliki sejumlah kelebihan. “Salah satunya adalah kemampuannya untuk berputar 360 derajat, yang menggunakan teknologi Z-Peller,” kata Turitan saat menyerahkan kapal itu kepada TNI AL di Dermaga Divisi Kapal Perang, Surabaya, pada Kamis, 22 Desember 2016.

Kapal itu juga bertenaga 2.400 horse power (HP) atau tenaga kuda. Kapal itu memiliki ukuran panjang mencapai 29 meter, dan lebar 9 meter, serta mampu mengangkut delapan awak, dan dua penumpang tambahan.

HP Pasukan Hantu Laut Marinir Mendadak Dirazia Intel TNI

Menurut Turitan, kapal bernomor lambung M000296 itu juga telah melampaui serangkaian pengujian, di antaranya, sea trial, harbor test, commodore inspection, dan bollard pull test. Kapal itu dibangun selama 16 bulan.

Dengan diserahkannya TD Malabar, PT PAL Indonesia telah menyelesaikan seluruh kontrak kapal tunda yang mencapai tiga unit, dan sebelumnya telah diserahterimakan kepada TNI AL.

Keren, Ranpur Marinir Disulap Jadi Mobil Pintar di Papua

Asisten Logistik Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Muda TNI Mulyadi, menjelaskan bahwa kapal yang baru saja diselesaikan pengerjaannya itu akan ditempatkan di Pangkalan Utama TNI AL III di Jakarta. "Kapal itu memang sangat dibutuhkan di sana. Makanya sekarang di sana sudah ada dua kapal tunda,” ujarnya.

Kapal tunda adalah kapal yang memiliki fungsi untuk menarik atau mendorong kapal menuju pelabuhan, laut lepas atau sungai. Kapal itu juga memiliki wadah evakuasi bagi kapal yang sedang mengalami kecelakaan atau mogok di laut, serta mampu melaju dengan kecepatan 12 knots, dan memiliki berat 550 ton.

Dirut IDsurvey Arisudono.

Cara Holding BUMN IDSurvey Bantu Tingkatkan Kualitas Produksi Industri Kapal RI

PT BKI sebagai Lead Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey menegaskan komitmennya mendukung pemerintah Indonesia untuk tingkatkan kualitas produksi kapal.

img_title
VIVA.co.id
9 November 2023