Tulang Paus Raksasa di Maluku akan Dimuseumkan

Peneliti LIPI melakukan pemeriksaan terhadap bangkai Paus raksasa yang ditemukan terdampar di Pantai Hulung Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku, Jumat (12/5/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/LIPI dok

VIVA.co.id – Bangkai paus raksasa berukuran panjang lebih dari 23 meter yang terdampar di Pantai Hulung Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku akhirnya dikuburkan, Kamis, 18 Mei 2017.

Viral Anjing Laut Raksasa Berkeliaran Bikin Resah Warga

Secara gotong royong, bangkai yang telah menimbulkan bau busuk menyengat ini dikuburkan warga dibantu oleh anggota TNI dan Polri.

Direncanakan, nantinya usai dikuburkan selama 30 hari, pemerintah setempat akan kembali membongkar kuburan paus ini untuk selanjutnya dimuseumkan.

Geger Hiu Tampang Seram Teror Makhluk Lain

Baca Juga:
Terungkap, Makhluk Raksasa yang Terdampar di Maluku
Para Biker yang Meninggal Dikubur Bersama Motornya

Kepala Pusat Penelitian Laut Dalam, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Augy Syahailatua, menyebutkan awalnya makhluk raksasa ini sempat dikira cumi raksasa.

8 Hewan Bisa Kenali Diri Sendiri saat Bercermin, Ada Khas Indonesia

Namun dari riset diketahui jika hewan ini ternyata adalah Paus. Namun jenisnya belum diketahui lantaran kondisi bangkai sudah tidak utuh lagi.

Bangkai paus yang terdampar di Pantai Hulung Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku

FOTO: Warga menyaksikan bangkai paus yang terdampar di Pantai Hulung Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku/LIPI dok

Paus itu, kata Augy, memiliki lebar tubuh hingga 6,5 meter. Panjang sirip dada 2,8 meter, sirip ekor 1,74 meter, sirip ekor 0,59 meter dan lebar seluruh sirip ekor 3,33 meter.

Panjang tulang rahang bawah yang tampak 5,30 meter, panjang rahang atas 3,73 meter, lebar rahang atas 1,35 meter, panjang ruas tulang dekat ekor 0,27 meter, dan panjang ruas tulang dekat punggung 0,70 meter.

“Atas dasar ciri tersebut dapat dipastikan bahwa hewan laut yang terdampar adalah seekor Paus yang merupakan mamalia laut," kata Augy.

Christ Belseran/Kabupaten Seram Bagian Barat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya