8 Hewan Bisa Kenali Diri Sendiri saat Bercermin, Ada Khas Indonesia

Hewan bercermin.
Sumber :
  • Live Science

VIVA Tekno – Meskipun kita sebagai manusia meyakini sebagai satu-satunya spesies yang dapat mengenali pantulan diri dari cermin, ternyata setelah dilakukan penelitian, kita bukanlah satu-satunya spesies yang mengenali diri kita sendiri saat melihat kaca.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Dilansir dari Live Science, Senin, 6 November 2023, para ilmuwan telah menguji pengenalan cermin pada beragam spesies, Sebagian kecil menyadari bahwa mereka sedang melihat diri mereka sendiri, sebagian besar tidak menyadarinya. Jadi, hewan mana yang telah lulus tes? Simak ulasannya yang VIVA Tekno lansir dari Live Science sebagai berikut:

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Simpanse jenis bonobo.

Photo :
  • C. KRUPENYE/Science News

1. Simpanse

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Pada percobaan simpanse tahun 1970, empat simpanse dibius dan ditandai dengan pewarna merah di wajah mereka. Ketika mereka terbangun, mereka memeriksa area yang telah ditandai di cermin, yang menunjukkan pemahaman bahwa mereka melihat diri mereka sendiri. Tes tanda sekarang dianggap sebagai bukti paling konklusif dari kesadaran diri cermin.

2. Orangutan

Kemudian, Kera besar lainnya juga telah lulus tes ini. Orangutan mengenali diri mereka sendiri dan bahkan mengidentifikasi tanda pada tubuh mereka dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1973.

Lalu, Bonobo, setelah diamati mereka memeriksa area tubuh mereka yang tidak dapat dilihat dengan menggunakan cermin pada penelitian tahun 1994 dan dilanjutkan dengan sasil pada primata gorila lebih tidak meyakinkan bahwa mereka dapat mengenali diri sendiri.

Diketahui, spesies monyet biasanya melihat pantulan mereka sebagai hewan lain, meskipun serangkaian penelitian kontroversial menunjukkan bahwa beberapa spesies dapat mengidentifikasi diri mereka sendiri setelah mengikuti rejimen pelatihan yang ekstensif.

Hal ini juga terjadi pada hewan lain, sehingga menimbulkan keraguan pada implikasi dari penelitian-penelitian tersebut.

"Apakah proses pelatihan tersebut meniadakan hasil dari tes cermin untuk spesies yang membutuhkannya?" tanya Ellen O'Donoghue, seorang psikolog kognitif di Universitas Cardiff di Inggris, yang telah mempelajari pembelajaran pada merpati.

Kritik terhadap tes yang menggunakan latihan menunjukkan bahwa perilaku yang dipelajari seperti itu bukanlah bukti yang dapat diandalkan dari kesadaran diri. Satu-satunya mamalia darat lain yang berhasil melewati tes ini adalah gajah Asia di Kebun Binatang Bronx.

3. Lumba-lumba

Lumba-lumba pink

Photo :
  • TikTok

Kemudian, Studi tentang lumba-lumba menunjukkan bahwa mereka juga dapat melihat bayangan mereka sendiri. Sebuah studi tahun 1995 yang menggunakan video dan bukan cermin dan sebuah studi tahun 2001 yang menggunakan cermin, keduanya mengindikasikan bahwa lumba-lumba menggunakan bayangan mereka untuk memeriksa tanda yang dibuat pada tubuh mereka.

4. Burung Murai 

Pada tahun 2008, para peneliti yang mempelajari burung murai Eurasia menemukan bukti pertama bahwa non-mamalia mampu mengenali diri sendiri melalui cermin.

5. Pinguin

Kemudian pada tahun 2022, penguin Adélie liar juga menunjukkan tanda-tanda kesadaran diri cermin, meskipun mereka tidak bereaksi terhadap oto berwarna yang dipasang di leher mereka sebagai pengganti tanda pada tubuh mereka.

6. Semut

Semut.

Photo :
  • Unsplash

Penelitian tahun 2015 menunjukkan bahwa semut mungkin memiliki kesadaran diri karena mereka berusaha menghilangkan cat biru dari kepala mereka ketika melihat pantulannya.

7. Ikan Pari Manta

Dua penelitian menunjukkan bahwa ikan dapat mengenali diri mereka sendiri. Salah satunya, dari tahun 2016, menemukan bahwa ikan pari manta tampaknya memeriksa diri mereka sendiri dan meniup gelembung ketika diperlihatkan cermin.

Ikan pari tutul kecil (Himantura tutul)

Photo :
  • Dokumentasi LIPI

8. Ikan Cleaner Wrasses

Selanjutnya, percobaan tahun 2019 pada ikan cleaner wrasses (Labroides dimidiatus) menemukan bahwa mereka berusaha menghilangkan tanda pewarna yang dibuat di bagian bawah tubuh mereka setelah melihatnya di cermin.

Tidak jelas apakah investigasi ini menunjukkan rasa diri yang sebenarnya dalam pengertian manusia atau hanya menunjukkan kesadaran tubuh.

"Tes cermin dapat mengindeks satu aspek kesadaran diri," kata O'Donoghue kepada Live Science.

"Ada kecenderungan untuk melihat kesadaran diri sebagai semua atau tidak sama sekali. Itu mungkin tidak benar. Ini mungkin lebih merupakan sebuah gradasi." Pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya