PPATK Telusuri Alur Transaksi Rekening Pemilik First Travel

Rumah elite/Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ayatullah

VIVA.co.id – Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Dian Ediana Rae mengatakan, pihaknya telah diminta oleh Polri untuk membantu menelusuri seluruh alur transaksi keuangan, dari rekening pemilik perusahaan jasa travel dan umrah PT First Travel. 

Pengacara Sebut Ada Aset Bos First Travel yang Raib

Penelusuran itu terkait dengan kasus dugaan penggelapan dana umrah milik puluhan ribu jemaah yang gagal berangkat ke Tanah Suci. "Yang jelas kami akan teliti seluruh rekening yang terlibat, dan setiap penyetoran dan penarikan dana dari setiap rekening," kata Dian Ediana kepada VIVA.co.id, Senin, 21 Agustus 2017.

Namun,  Dian masih belum bisa mengungkapkan secara detail alur transaksi keuangan dari pemilik PT First Travel. Sebab, masih dalam kepentingan penyelidikan. "Wah, itu pekerjaan intelijen yang tidak mungkin kami buka. Paling tidak sebelum kita beres memeriksa dan menganalisa," ujarnya.

First Travel Salahkan Negara karena Gagal Tunaikan Tuntutan Jemaah

Seperti diketahui, dalam kasus yang melibatkan pasangan suami istri, Andika Surachman dan Anniesa Devitasari Hasibuan ini, Kepolisian sempat menyita sejumlah kendaraan mewah milik pasangan pemilik PT First Travel tersebut, di antaranya Toyota Alphard, Pajero Sport, dan VW. 

Penyidik Polri menduga dana calon jemaah yang gagal berangkat dialihkan untuk kepentingan pribadi pemilik perusahaan tersebut. (mus)

Pengacara Bos First Travel Sebut Hakim Keliru soal Putusan Aset
Kuasa hukum sejumlah korban penipuan First Travel, Pitra Romadoni Nasution.

Datangi Kejari Depok, Korban First Travel Minta Aset Segera Dikembalikan

Kejari Depok melakukan inventarisasi seluruh barang bukti termasuk juga mencari pihak yang kini bertanggung jawab atas PT First Travel.

img_title
VIVA.co.id
8 Juni 2023