Guncangan Gempa Banten Juga Dirasakan Sampai Bantul

Gempa Lebak Banten Terasa Sampai Jakarta
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA – Gempa dengan kekuatan 6,1 SR di Lebak, Banten, ikut dirasakan masyarakat di Jakarta, Tangerang dan Depok. Banyak pekerja yang berada di gedung tinggi berhamburan keluar. Namun saat ini, situasi di Jakarta berangsur telah normal kembali.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Dr Daryono, gempa di selatan Jawa ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedalaman menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia di Selatan Banten.

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa guncangan berpotensi dirasakan di daerah Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bogor II SIG-BMKG (IV-V MMI), Bandung dan Lampung II SIG-BMKG (III MMI), Bantul I SIG-BMKG (II MMI).

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Hingga pukul 14.06 WIB, hasil monitoring BMKG telah menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) sebanyak 11 kejadian. Paling tinggi dengan kekuatan 4,0 SR, dan terus menurun kekuatannya.

"Masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Sukabumi diimbau agar tetap tenang karena tidak berpotensi tsunami. Masyarakat diminta kembali ke rumah atau gedung," katanya.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Gempa juga terjadi dengan koordinat episenter pada 7,23 LS dan 105,9 BT, atau tepatnya berlokasi di laut jarak 43 km arah selatan Kota Muarabinuangeun, Kabupaten Cilangkahan, Provinsi Banten pada kedalaman 61 km.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tak panik. Imbauan ini terutama untuk masyarakat terdekat di Banten agar tak termakan isu berita bohong alias hoax. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya