Mahfud MD: Pesaing Kuat Jokowi Bukan Prabowo, tapi Gatot

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai kemunculan poros ketiga sangat kecil di Pemilihan Presiden 2019.

Sosok Shella Ghivitamala, Kowad Cantik Pernah Bertugas di Lebanon

Menurut dia, yang ada hanya dua poros dengan Gatot Nurmantyo sebagai calon presiden pesaing Joko Widodo.

"Gatot akan sebagai saingan (Jokowi) saya rasa. Saya kira Prabowo (Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto) enggak lah, saya kira ya," kata Mahfud di kawasan Wijaya Timur, Jakarta Selatan, Kamis 19 April 2018.

Soroti Pengeroyokan Relawan Ganjar di Boyolali, Gatot Nurmantyo: Saya Tak Yakin Dipukul Batu

Menurut Mahfud, Gatot adalah yang paling sering dimunculkan namanya sebagai kandidat capres. Sementara itu, Prabowo Subianto, menurutnya, malah belum pasti maju di 2019.

"Karena dia (Gatot) menggalang kekuatan dan banyak disuarakan. Sementara Prabowo sendiri tak pernah membantah bahwa kemungkinan dia tidak. Itu kan enggak pernah membantah. Sementara Gatot selalu mengatakan siap dan yang mendukung juga muncul," tutur dia.

Jelang Pensiun, Yudo Margono Pamit di Depan Para Mantan Panglima TNI dan Prajurit Tiga Matra

Mengenai Gatot akan maju dengan siapa, Mahfud menyebut sudah banyak spekulasi yang muncul di luar. Seperti akan berpasangan dengan Anies Baswedan atau Tuan Guru Bajang.

"Kalau spekulasi yang muncul di luar kan sudah ada garisnya. Kelompok yang, maaf ya, 'basis massa 212' kan sudah menyebut nama Gatot dengan Anies, Gatot dengan TGB. Tapi itu semua masih sangat dinamis," kata Mahfud.

Sebelumnya, nama Prabowo Subianto kerap disebut-sebut sebagai penantang kuat Jokowi di 2019. Partai Gerindra juga sudah menyatakan kesiapan Prabowo untuk maju.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya