Nasdem Sebut Figur Cawapres Anies Bisa dari Luar Koalisi Perubahan

Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali menyebut kemungkinan figur bakal cawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan bisa dari luar Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Menurut Ali, hal itu sangat mungkin.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

"Sangat mungkin (cawapres dari luar koalisi). Sampai hari ini, Nasdem tidak tertarik berbicara tentang siapa figur yang ideal untuk mendampingi mas Anies," kata Ali saat konferensi pers di DPP Partai Nasdem, Rabu, 12 Juli 2023.

Meski demikian, Ali menegaskan tak ada pengumuman cawapres pada saat acara konsolidasi Nasdem di stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada 16 Juli 2023 mendatang. Ia mengklaim poros KPP  sudah menyerahkan mandat menentukan cawapres kepada Anies.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

"Bahwa nanti tidak ada deklarasi calon wakil presiden dari partai koalisi; kami sedang menunggu Mas Anies menggunakan mandat yang diberikan oleh tiga partai politik untuk melakukan komunikasi politik dengan tokoh-tokoh potensial," katanya.

Anies Baswedan.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito.
KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Figur bakal cawapres pendamping Anies sejauh ini masih jadi teka teki. Anies disebut elite KPP sudah mengantongi nama cawapres pilihannya dan akan diumumkan saat di hari yang baik.

Beberapa figur mencuat digadang-gadang jadi pendamping Anies. Salah satunya dari internal KPP yaitu Ketua Umum Demokrat Anies Baswedan.

Kemudian, dalam dinamikanya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga 'digoda' masuk bursa cawapres Anies. Lalu, mencuat lagi putri Gus Dur Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid serta eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya