Kans Yenny Wahid jadi Cawapres Anies, Elite Nasdem: Bakal Saling Melengkapi

Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali bicara kans Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yaitu Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid untuk mendampingi Anies Baswedan maju di Pilpres 2024.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Menurutnya, Yenny Wahid memiliki pemikiran plural yang diturunkan dari Gus Dur. Dengan demikian, cocok untuk mendampingi Anies Baswedan sebagai cawapres.

"Mbak Yenny punya pemikiran plural yang mewakili pikiran-pikiran seorang Gus Dur yang selama ini menjadi karakter daripada Mbak Yenny. Nah kalau saya, kalau saya, mas Anies ini kan selalu dipersepsikan sebagai orang kanan, dengan mbak Yenny, ini kan akan saling melengkapi," kata Ahmad Ali kepada wartawan di DPP Partai Nasdem, Rabu, 12 Juli 2023.

Didatangi Warga Diminta Maju Lagi di Pilgub DKI, Anies Jawab "Izinkan Berpikir Sejenak"

Anies Baswedan di Nasdem Tower.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Meski begitu, figur bakal cawapres sepenuhnya akan diserahkan kepada Anies selaku bakal capres. Kata dia, Anies nanti juga akan berdiskusi dengan partai politik pendukungnya, yaitu Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Dia mengklaim Nasdem tak pernah masuk ingin menentukan figur cawapres Anies.

"Karena itu adalah mandat yang sudah diserahkan pada mas Anies Baswedan. Jadi, mas Anies Baswedan orang yang diberi mandat, secara adab dan etika pasti akan mengkonsultasikan kepada parpol yang memberikan mandat kepadanya, saya pikir itu saja," jelasnya.

Figur bakal cawapres pendamping Anies belum diketahui. Elite KPP mengklaim Anies sudah mengantongi satu nama cawapres. Anies disebut akan menentukan nama cawapresnya di hari yang baik.

Adapun elite Nasdem yaitu Ketua DPP Willy Aditya sempat menyebut satu nama bakal cawapres Anies sudah diputuskan Tim 8 KPP. Dia bilang pengumuman cawapres akan memiliki deadline pada 16 Juli 2023.

Namun, dalam dinamikanya, pengumuman 16 Juli kemungkinan belum diwujudkan. Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali membantah pada acara konsolidasi akbar Nasdem di GBK akan mendeklarasikan cawapres pilihan Anies.

“Bahwa nanti tidak ada deklarasi calon wakil presiden dari partai koalisi; kami sedang menunggu Mas Anies menggunakan mandat yang diberikan oleh tiga partai politik untuk melakukan komunikasi politik dengan tokoh-tokoh potensial," ujar Ali di kantor DPP Nasdem, Rabu, 12 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya