Asman Abnur: Tak Baik Kalau Saya Ada di Kabinet Kerja

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan. sejak Selasa 14 Agustus 2018 pagi dirinya sudah berbicara dengan Mensesneg Pratikno soal rencana pengunduran dirinya dari posisi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi.

AHY jadi Menteri ATR/BPN, Mardani PKS: Welcome to The Jungle

"Saya sampaikan posisi yang saya tempati sekarang jadi tidak mengenakan buat Kementerian sendiri maupun suasana yang dirasakan langsung oleh Bapak Presiden, karena pada saat koalisi, partai saya tidak mendukung Pak Jokowi. Yaitu berkoalisinya dengan calon presiden yang lain. Sehingga beliau merasa terbebani dengan tuntutan partai koalisi yang lain," ujar dia di Kantor MenPAN-RB, Selasa malam 14 Agustus 2018.

Atas dasar itu, dia pun minta izin bisa bertemu Jokowi untuk menyaampaikan hal tersebut. Dia mengaku tak mau membebani siapapun.

Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN di Istana, Moeldoko ke Mana Tak Nongol?

"Maka dari itu saya tadi pagi menyampaikan kepada Pak Mensesneg, kalau boleh saya diizinkan untuk memohon bisa disetujui mengundurkan diri sebagai Menteri PAN-RB. Karena saya sebagai Menteri gak boleh membebani hal hal yang sifatnya tidak baik buat Pak Presiden atau partai koalisi yang lain. Lalu Pak Pratikno menjawab, mungkin ini baru bisa diputuskan setelah saya menghadap Bapak Presiden," katanya.

Sampai akhirnya malam ini sekitar pukul 19.00 WIB di Istana Bogor ia menyampaikan langsung hal tersebut pada Jokowi. Kemudian, Jokowi menurutnya memahami perasaannya sekarang.

Jokowi Lakukan Reshuffle, Ini Deretan Menteri Terbaru Kabinet Indonesia Maju

"Nah saya menyampaikan kembali, niat baik saya, yaitu mengurangi beban Bapak Presiden supaya kehadiran saya tidak menjadi beban buat beliau. Alhamdulillah Pak Presiden memahami perasaan saya. Dan saya juga merasa karena PAN tak mendukung Pak Presiden, tentu kehadiran saya di koalisi Indonesia kerja ini juga tidak baik secara etika," ujar dia.

Kemudian, Jokowi pun akhirnya mengizinkannya untuk mundur. "Maka saya menyampaikan mohon diizinkan saya untuk mengundurkan diri jadi MenPAN-RB," kata Asman lagi.

Asman sendiri menurut Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Mudzakir sampai Selasa sore masih bekerja di kantornya. Bahkan dia menyebut Asman masih memimpin rapat sore ini.

"Secara real, masih kerja barusan menyelesaikan rapat dengan beberapa badan terkait BKN, BSSN untuk menjamin kualitas dari proses rekrutmen CPNS. Masih bekerja seperti biasa," kata dia di Kantor Kementrian PAN-RB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya