Sah! Hadi Tjahjanto jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR Usai Dilantik Jokowi

Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi dilantik sebagai menteri
Sumber :
  • Youtube Setpres

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara pada Rabu, 21 Februari 2024.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Selain itu, Jokowi juga melantik Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pengangkatan Hadi dan AHY sebagai Menko Polhukam serta Menteri ATR/Kepala BPN berdasarkan Keputusan Presiden atau Keppres Republik Indonesia Nomor 34 P Tahun 2024 tentang Pemberhentian Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju sisa jabatan Periode tahun 2019-2024. Adapun Keppres ditandatangani Presiden Jokowi pada 20 Februari 2024.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Ketum Demokrat AHY dilantik jadi Menteri ATR/BPN.

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Selanjutnya, Jokowi menanyakan kepada AHY dan Hadi terkait ketersediaannya diambil sumpah jabatan sesuai agama Islam. Jika bersedia, AHY dan Hadi diminta ikuti mengulangi ucapan Presiden Jokowi.

Demokrat Sebut AHY Kader Terbaik, Sinyal Jadi Menteri Lagi di Kabinet Prabowo-Gibran?

Bersediakah diambil sumpah menurut agama Islam? Harap mengikuti dan mengulangi kata-kata saya,” kata Jokowi.

Jokowi pun membacakan sumpah yang kemudian diikuti Hadi dan AHY.

Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara.”

“Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab.”

Selanjutnya, usai pengambilan sumpah, Jokowi beserta AHY dan Hadi melakukan penandatanganan berita acara pelantikan.

Dalam pelantikan itu, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju turut hadir termasuk Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Selain itu, tampak juga Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya