Puan Jawab Nyinyiran Andi Arief soal Penanganan Gempa Palu

Puan Maharani.
Puan Maharani.
Sumber :

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, menjelaskan tugas lembaganya menangani pemulihan pasca gempa. Menurut Puan, tugas kementeriannya ialah mengkoordinasikan pemulihan pengungsi dan pelayanan kesehatan bagi para korban.

Pernyataan itu menjawab kritikan yang disampaikan politikus Partai Demokrat Andi Arief yang mempertanyakan peran putri Megawati Soekarnoputri tersebut dalam situasi tanggap darurat bencana di Palu dan Donggala.

"Peran Menko PMK dalam koordinasi penanggulangan dampak bencana di Palu dan Donggala fokus pada penanganan pengungsian, dapur umum, ketersediaan bahan pangan dan pelayanan kesehatan," kata Puan dalam pesan tertulisnya, Senin 1 Oktober 2018.

Puan menyebut, koordinasi terkait penanggulangan bencana memang ada pembagian tugas antara dirinya dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto.

Ia pun menjelaskan, keberadaanya saat musibah terjadi tengah mengikuti sidang Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait penanggulangan penyakit TBC.

Dalam acara itu turut hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Kebetulan saya sedang di PBB (saat perisitiwa gempa), tapi saya terus memantau dan berkoordinasi," lanjut Puan.