Bocoran Kisi-kisi Debat Kata JK Bikin Capres Tak Keluarkan Kemampuan

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla alias JK menyampaikan diberikannya kisi-kisi debat pilpres kepada kedua paslon capres-cawapres akan membuat jawaban yang  dilontarkan saat debat menjadi kurang orisinil.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Timses kedua paslon dipastikan akan merumuskan jawaban yang nantinya diberikan  kedua paslon saat debat berlangsung.

"Kalau (kisi-kisi debat) itu dibuka duluan berarti yang menjawab itu tim (sukses)," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019.

Dukung Paslon 02, Ini yang Bikin Nagita Slavina Kagum pada Prabowo Subianto

Padahal menurut JK, debat sejatinya memiliki tujuan mengukur kapabilitas murni kedua paslon dalam menghadapi masalah negara jika terpilih nanti.

"Yang mau diuji adalah yang bersangkutan, pribadi," ujar JK.

Duel Adu Keren Outfit di Debat Pilpres Terakhir, Siapa Paslon Paling Oke?

JK menilai keputusan KPU memberi kisi-kisi debat sebagai hal yang tidak tepat. Publik nantinya menjadi tidak bisa melihat secara langsung kemampuan setiap kandidat menjawab pertanyaan yang menunjukkan kapabilitasnya sebagai calon kepala negara.

"Banyak hal yang perlu ditanggapi langsung (masing-masing capres dan cawapres) secara pribadi oleh yang bersangkutan, agar rakyat mempunyai pilihan lebih jelas," ujar JK.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024