Puan Pastikan Kementerian Cuma Bermitra dengan Satu Komisi di DPR

Ketua DPR Puan Maharani
Sumber :
  • VIVAnews/Lilis Khalis

VIVA – Ketua DPR RI, Puan Maharani mengatakan dalam rapat konsultasi pengganti badan musyawarah disepakati penyederhanaan hubungan antara kementerian dengan mitra komisi-komisi di DPR. Bila pada periode sebelumnya ada satu kementerian yang bermitra dengan lebih dari satu komisi, kini dipastikan berbeda.

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

Puan menyebut untuk periode ini, setiap kementerian hanya bermitra dengan satu komisi di DPR. Cara ini agar komisi bisa lebih fokus dalam melakukan pengawasan.  

"Alhamdulillah, kami berhasil menyusun satu kementerian bermitra dengan satu komisi sehingga nantinya komisi lebih fokus melakukan pengawasan terhadap kinerja kementerian," ujar Puan melalui keterangannya di Jakarta, Selasa 29 Oktober 2019.

Puan Maharani Ingatkan Pemudik Hati-hati karena Jutaan Orang Akan Mudik

Ia menyebutkan pada periode kali ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) hanya dibahas di komisi IV. Semula KLHK dibahas di Komisi IV dan Komisi VII.

"Sehingga sering lempar tanggung jawab, butuh energi dan waktu untuk koordinasi," kata Puan.

Gerindra Pastikan Hak Angket Tidak Jadi

Puan mengharapkan dengan setiap komisi bermitra dengan satu kementerian bisa membuat DPR memaksimalkan fungsi pengawasannya. Kesepakatan ini akan disahkan dalam Rapat Paripurna Ke IV DPR RI Selasa, 29 Oktober 2019.

"Rapat Paripurna sekaligus akan mengesahkan 11 Komisi DPR RI beserta ruang lingkup dan tugasnya," kata Puan.
    

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman berharap kedekatan Sufmi Dasco Ahmad dan Puan Maharani jadi jembatan rekonsiliasi Gerindra dan PDIP.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024